Kodim 1408/BS Gelar Upacara Bendera Hari Senin Dirangkaikan Korps Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Kodim 1408/BS menggelar Upacara Bendera Rutin Hari Senin yang bertempat di Lapangan Upacara Makodim dengan Inspektur Upacara Dandim 1408/BS Kolonel Inf Andriyanto SE, Senin (1/4).

Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Wadanramil 1408-06/Mamajang Kapten Arh Syamsul Bahri, kemudian yang bertindak sebagai Perwira Upacara Danramil 1408-09/Tamalate Mayor Inf Hatta, selanjutnya Pengucap Sapta Marga oleh Sertu Abd. Rahman Babinsa Koramil 1408-10/Biringkanaya.

Kegiatan tersebut sebagai wujud rasa hormat kepada bendera merah putih serta rasa cinta kepada bangsa dan negara.

Amanat Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi, S.IP yang intinya bahwa memasuki bulan pertama Triwulan II Tahun Anggaran 2019, kualitas kinerja kita dituntut semakin lebih baik dari waktu sebelumnya. Peningkatan kualitas ini akan bisa terealisasi dengan baik, manakala setiap individu atau satuan mampu mengambil pelajaran terhadap berbagai hal yang terjadi selama pelaksanaan program kerja pada Triwulan I yang lalu. Diinformasikan, bahwa telah ditemukan akun media sosial (Whatsapp) milik seorang purnawirawan yang berasal dari satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dengan Display Picture (DP) menggunakan pakaian PDH yang mengupload video bernuansa kampanye. Hal ini sangat rawan dipolitisasi oleh pihak tertentu dan dapat mendiskreditkan institusi TNI AD khususnya Kodam XIV/Hasanuddin karena dianggap mencederai Netralitas. Menyikapi hal tersebut, kepada seluruh pimpinan satuan supaya menekankan kembali kepada seluruh anggotanya tentang Netralitas TNI dan larangan penyalahgunaan media sosial dengan tidak memposting hal-hal yang berbau politik, SARA, pornografi dan ujaran kebencian kepada siapapun.

Terkait hal tersebut, saya minta para Dansat agar menyiagakan personel dan materiil untuk siap digerakkan setiap saat membantu Polri apabila terjadi gesekan antar pendukung. Pedomani semua kegiatan yang telah dilaksanakan seperti, latihan Pam Pemilu, Apel Gelar Pasukan dan Tactical Floor Game (TFG). Berkenaan dengan pendidikan Dikbangum maupun Dikbangspes, masih terdapat satuan yang terlambat pengusulannya, adanya Dansat yang membatalkan dan mengganti dengan personel lain serta usulan mengikuti pendidikan padahal personel tersebut masih melaksanakan Satgas. Untuk itu, tiap-tiap satuan agar membuat rencana pembinaan personel dengan matang, tidak boleh ada nama yang diusulkan double baik dalam penugasan maupun pendidikan  serta tidak ada pembatalan bahkan penggantian dengan personel lainnya, sehingga benar-benar sesuai dengan yang telah diusulkan mengikuti pendidikan. Masih ditemukan adanya satuan penerima Bahan Minyak Pelumas (BMP) yang belum memberikan laporan pertanggungjawabannya. Terkait hal tersebut, saya minta agar penggunaan BMP segera  dilaporkan ke Pembina Bekal dan tembusan ke Aslog Kasdam XIV/Hasanuddin. Saya minta agar secepatnya dibuatkan laporan sesuai dengan data materiil tersebut, baik yang diterima maupun yang dikembalikan, kemudian  segera dibuatkan Sprinmin untuk dimasukkan atau dikeluarkan dari daftar Simak BMN.

Selanjutnya, kembali saya ingatkan kepada para anggota penghuni rumah dinas yang belum membuat/memperbaharui Surat Izin Penghunian (SIP) agar segera mengurus di Staf Logistik Kodam XIV/Hasanuddin. Apabila pada waktu yang telah ditetapkan tidak mempunyai SIP maka akan dikenakan sanksi yakni dikeluarkan dari rumah dinas tersebut. Sehubungan dengan telah ditutupnya pelaksanaan TMMD ke 104 TA 2019, saya minta kepada masing-masing Kodim yang menyelenggarakannya, agar tetap  memelihara hasil dari  kegiatan fisik maupun non fisik yang telah dilaksanakan, sehingga keberadaannya tetap bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan demi terjaganya kemanunggalan TNI-Rakyat. Disampaikan kepada seluruh satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin bahwa hasil pelaksanaan Post Audit Itdam XIV/Hasanuddin Triwulan I TA 2019 masih ditemukan adanya kegiatan program kerja yang tidak dibuatkan rencana dan laporannya serta masih banyak kegiatan yang tidak dilengkapi dengan foto/dokumentasi yang realistis sehingga kegiatan tersebut terkesan asal dilaksanakan, bahkan fiktif.

Diakhir kegiatan upacara Dandim 1408/BS menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para Bintara dan  Tamtama  atas kenaikan pangkat satu tingkat  lebih  tinggi dari pangkat semula, semoga dengan naiknya pangkat tersebut para anggota lebih giat dan profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Seperti kita ketahui bersama kenaikan pangkat bagi prajurit TNI Angkatan Darat, pada hakikatnya merupakan  suatu  bentuk  penghargaan, sekaligus kehormatan atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

BACHTIAR BARISALLANG
Sumber: Pasi Intel Kodim 1408/BS, Mayor Inf M. Yusuf Sikki S.Sos

Share.

About Author

Comments are closed.