Polres Bersama Kodim 0505/JT Gelar Simulasi Sispam Kota

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Simulasi Sistem pengamanan Kota pada tahap Pemungutan Suara di TPS Pemilu Serentak tahun 2019 diwilayah hukum Polres Metro Jakarta Timur, Sabtu (16/3).

Dandim 0505/JT, Letkol Inf Dwi Yanu Lutfi Saleh SE bersama Kapolres Kombes Pol Ady Wibowo SIK,MSi gelar latihan simulasi Sispamkota dengan tujuan untuk Pengamanan Tahap Pemungutan Suara di TPS Pemilu Serentak 2019 diwilayah Hukum Polres Jaktim bertempat di Jl. Suralaya PS 45 Rt.03/04 kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Kordinator Kegiatan Sispamkota Polrestro Jaktim (Kabagops AKBP R. Arif.S) dan dihadiri
Kapolres (Kombes pol Ady Wibowo SIK MSI), Dandim 0505/JT (Letkol Inf Dwi Yanu Lutfi Saleh),
Walikota Jaktim Anwar, Wakapolres (AKBP Sony Mahar Budi Adityawan SIK MH), Kapolsek Jajaran Polrestro Jaktim,
Danramil Jajaran Dim 0505/Jt, Camat Cipayung (Fajar Eko Satrio) dan para Lurah Se-Kec. Cipayung.

Latihan Simulasi pengamanan kota yang diikuti oleh BKO TNI dari Kodam Jaya (Armed 7) Dpp. Lettu Arm Budhi S dan dari Jajaran Kodim 0505/JT Dpp. Kapten Inf Sahari yang juga menjabat sebagai Danramil Cipayung.

Pelaksanaan latihan Simulasi pengamanan pada saat Pemungutan Suara di TPS 45 yang di lanjutkan dengan Simulasi adanya Insiden di TPTPS dan petugas KPPS.

Skenario Simulasi tentang langkah-langkah dalam mengambil tindakan awal Bhabinkamtibmas dan Babinsa menuju Lokasi TPS Rawan.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengecek lokasi TPS, Setelah dinyatakan aman Mobil pengangkut Kotak Suara menuju lokasi TPS dikawal Aparat Polri dan anggota KPPS.

Panitia menyiapkan kesiapan pencoblosan dilokasi TPS, Calon pemilih memasuki area TPS, setelah dicek oleh petugas TPS langsung dilokasi.

Urut urutan tata cara Pencoblosan, Bila ada kendala di TPS, yaitu calon pemilih yang domisilinya tidak sesuai dengan alamat agar membuat C.5
Insiden pertama yaitu ada Warga setempat pada saat di TPS hanya bisa menunjukkan KTP saja tapi tidak bisa menunjukkan formulir C5, sehingga di himbau dari ketua KPPS untuk menunggu untuk bisa mencoblos di atas jam 12.00 wib ketidak puasan Warga tersebut bisa di atasi oleh Pamsung TPS dan penjelasan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat yang sedang melaksanakan Monitor wilayah TPS.

Insiden kedua saat di TPS ada beberapa warga yang datang ke TPS ingin mencoblos tapi di tanya oleh Pam TPS namun kelompok Warga tersebut hanya bisa menunjukkan KTP dengan alamat Wilayah Jakarta Utara dan juga tidak bisa menunjukkan C5, warga tersebut ingin mencoblos di tempat tersebut karena sedang bertamu di tempat lokasi TPS dan tidak memungkinkan waktunya untuk ke Jakarta utara sehingga warga teraebut tidak bisa mencoblos di TPS tersebut sehingga Warga tersebut tidak puas dengan perlakuan di TPS dan bisa di atasi oleh Pamsung TPS dan di bantu babinsa dan Bhabunkamtibmas.

Insiden ketiga, ketidak puasan Warga memuncak ketika setelah perhitungan suara dan Kotak suara yang akan di kirim ke Kelurahan di hadang di tengah jalan, atas kejadian ini babinsa dan bhabinkamtibmas melaporkan ke Kapolsek untuk mohon petunjuk, Kapolsek bersama Danramil meluncur ke lokasi, karena melihat situasi yang semakin tidak terkendali Kapolsek memerintahkan unsur Pengamanan yang di BKO kan ke Polsek yaitu Sabara dari Polda, Raimas dari Polres dan BKO TNI, setelah sampai di lokasi di lakukan langkah langkah Pengamanan sesuai Prosedur mulai dari penyekatan Lokasi dan penutupan jalan oleh unsur Sabara dan TNI dan Polantas, juga mengamankan orang yang di anggap sebagai provokator oleh Tim Raimas.

Penjelasan Kordinator kegiatan kabag Ops Polres Jaktim yang menjelaskan rangkaian kegiatan Sispamkota dari awal sampai dengan penanganan langkah-langkah tindakan sesuai prosedur kepada Kapolres, Dandim serta Undangan dari Muspika Kec.Cipayung berjalan dengan aman dan kondusif.

YENNI
Sumber: Pendim JT

Share.

About Author

Comments are closed.