Djaya Jumain Siap Perjuangkan Anggaran Peningkatan Kompetensi Pekerja Sosial

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SUNGGUMINASA – Pekerja sosial yang tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat (LSM) memiliki fungsi penting dalam mengawal jalannya pembangunan dan pemerintahan, termasuk di Kabupaten Gowa. 

Melihat pentingnya fungsi LSM, calon anggota legislatif nomor urut 5 dari Partai Gerindra untuk DPRD Gowa, Djaya Jumain, menilai harus ada upaya konkret untuk mendorong peningkatan kompetensi para pekerja sosial dan aktivis LSM. 

“Saya akan mendorong adanya alokasi anggaran khusus dan berkesinambungan, agar ada pelatihan-pelatihan atau kegiatan khusus untuk peningkatan kompetensi pekerja sosial yang tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat,” ujar Djaya Jumain di Sungguminasa, Selasa (12/3). 

Djaya Jumain menilai, sebagai politisi yang juga aktif di berbagai lembaga sosial dan swadaya masyarakat, diperlukan upaya agar pekerja sosial ini lebih memahami dan efektif menjalankan fungsi-fungsinya. 

“Kalau sudah mendapat pelatihan, akan makin mudah membangun kemitraan dengan stakeholder terkait, seperti lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif sendiri. Fungsi LSM akan kian efektif mengawal pembangunan,” terang Djaya Jumain. 

Ketua Lembaga Perlindungan Hak-hak Sipil (LPHS) Makassar ini menegaskan, kedepannya dia melalui fungsi di DPRD akan mendorong agar Badan Kesatuan Bangsa di lingkup Pemkab Gowa bisa aktif melakukan verifikasi terhadap LSM yang ada, agar mudah diajak bergabung dalam tim pemantauan independen kalau dibutuhkan. 

“LSM itu harus terdaftar, agar kerja-kerja anggota LSM dan pekerja sosial lainnya bisa dilindungi. Ini yang kami dorong juga nantinya, agar para aktivis LSM ini bisa menjadi mitra yang baik untuk pemerintah,” pungkas mantan jurnalis Kompas TV ini.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Comments are closed.