Dinkes Depok Terus Antisipasi Kasus DBD

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Pemerintah Kota Depok, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan sistem 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) plus, sebagai langkah untuk menanggulangi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok Rani Martina mengungkapkan, bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan 3M plus. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih maksimal melakukan pencegahan DBD di wilayah tempat tinggalnya.

“Artinya, ajakan dan upaya penerapan tersebut sebagai bagian langkah dalam penanggulangan penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu melalui Puskesmas setiap wilayah setempat sosialisasi terus dilakukan,” ujarnya kepada pewarta.

Dia menjelaskan, bahwa penerapan 3M plus tersebut dilakukan dari berbagai upaya seperti menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air.

“Artinya, untuk pencegahannya yaitu dengan memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat kasa, ventilasi, dan pencahayaan dalam ruangan. Warga juga diajak mengganti vas bunga atau minuman burung minimal satu minggu sekali, dan menghindari gantungan pakaian,” jelas Rani.

Rani juga menambahkan, bahwa dengan upaya lainnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk serta menaburkan bubuk larvasida di tempat penampungan air. Biasanya hanya menerapkan 3M saja.

“Maka dari iru, kami mengajak untuk melakukan 3M plus, salah satunya dengan ventilasi ruangan dan memelihara ikan yang dapat memakan jentik nyamuk yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,”pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Comments are closed.