Kotak Hitam Lion Air JT-610 Berhasil Ditemukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KARAWANG – Tim Operasi SAR berhasil menemukan Black Box pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh dengan membawa 189 penumpang, pada Senin (29/10).

Kotak hitam (Black Box) pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 ditemukan oleh tim penyelam Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) TNI Angkatan Laut (AL), secara utuh di kedalaman laut 30 meter diwilayah Tanjung Pakis, Kawarang, Jawa Barat, Kamis (1/11).

Salah satu anggota tim penyelam Dislambair TNI AL dari Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib), Sertu Hendra berbagi cerita soal detik-detik ditemukannya black box yang menjadi kunci untuk mengungkap jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP JT-610.

Hendra mengatakan penyelam dilakukan bersama petugas KNKT awalnya melaksanakan pencarian black box dan badan pesawat Lion Air.
“Kami melakukan penyelaman, memang bentuk kontur bawahnya lumpur agak sulit dan serpihan pesawat di mana-mana dan kebetulan dengan alat yang kami dipinjamkan dan digunakan, kami percaya alat,” kata Hendra.

Arus laut kencang, lanjut Hendra, bahkan penyelam pun menggunakan tali agar tidak terlempar dan terbawa arus.

“Karena tali tersebut agak menghambat. Kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali. Lalu, kami yakin, kami bodyfare, yakin mengikuti alat yang sudah diberikan,” ungkap Hendra.

Penyelam sempat merasa putus asa. “Kala itu kami putus asa mengikuti alat karena tidak banyak ditemukan bongkahan, hanya bongkahan-bongkahan kecil. Kami tidak menyerah dan terus mengikuti alat meski sepertinya diarahkan menuju area yang serpihan pesawatnya minim. Kami terus ikuti alat. Kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan sensitif tersebut lalu kami gali-gali dan ternyata kami mendapatkan black box,” papar Hendra.

Kini, Black Box Lion Air PK-LQP JT-610 sudah diangkat ke Kapal Baruna Jaya I milik Basarnas.

RANI

Share.

Comments are closed.