Jatanras Ditreskrimun Polda Jatim Berhasil Ringkus Pembobol 18 Mesin ATM BRI

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Petugas Subdit III Jatanras Ditreskrimun Polda Jatim berhasil ringkus Pembobol mesin 18 Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI yang beraksi di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Berdasarkan laporan dari pihak Bank BRI, melaporkan terjadinya kejahatan atau pengurusakan terhadap mesin ATM diwilayah Situbondo, Bondowoso, Probolinggo Kota, Probolinggo Kabupaten, Jember.

Setelah dilakukan pengecekan pada CCTV telah didapatkan gambar bahwa telah terjadi pengrusakan dan pembobolan mesin-ATM BRI, “Tim Jatanras melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya dan berhasil ditangkap dirumahnya Aldy Yossy (39) warga Trompo Kulon, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo,” ujar AKBP Leonard M Sinambela.

Pada sekitar bulan Juli 2018 hingga bulan September 2018 di Wilayah Hukum Polres Situbondo, Bondowoso, Probolinggo Kota, Probolinggo Kabupaten, Jember, 2 orang pelaku telah masuk ke mesin ATM BRI dan melakukan transaksi pada malam hari.

Pada saat mesin ATM proses pengeluaran uang pelaku E (DPO) dan tersangka Aldy melakukan pengerusakan dengan cara pencongkelan pada mulut ATM menggunakan obeng sehingga uang yang berada dibelakang mulut ATM dapat dikeluarkan satu persatu.

“Modus pencurian dan pengrusakan ini dilakukan tersangka ini mempunyai kartu ATM yang sudah ada dananya di bank tertentu, ini Kebetulan yang yang lapor adalah dari pihak BRI tidak menutup kemungkinan ada bank lain dia memasukkan ke mesin ATM,” kata Leonard.

Setiap melakukan aksinya tersangka bersama dengan temannya inisial E kini daftar pencarian orang (DPO) telah masuk ke dalam ATM BRI untuk melakukan transaksi sebagai mana mestinya.

Pelaku mencari ATM BRI yang pecahan Rp 100.000, (seratus ribu rupiah), dimana limit penarikan sebesar Rp 2.000.000, (dua juta rupiah), dan melakukan penarikan tunai sebesar Rp 2.000.000, (dua juta rupiah).

“Pelaku melakukan penarikan uang sejumlah maksimal 2 juta di ATM BRI dengan teknik biar bisa melakukan itu, kemudian uangnya bisa keluar dengan cara mencongkel. Hal ini yang bersangkutan bisa mematikan mesin ini sehingga tidak terdebet uang nya tetap tapi uang yang di mesin itu bisa diambil kurang lebih seperti itu,” jelas Kasubdit Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard M Sinambela.

Atas kejadian tersebut pihak Bank BRI Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, Kota Probolinggo Kabupaten dan Jember telah mengalami kerugian sebesar Rp 126.000.000, (seratus dua puluh enam juta rupiah).

“Perbuatan seperti itu sehingga tentunya ini mengalami kerugian dari pihak bank sendiri karena uang diambil kemudian pengrusakan alat ini yang tidak murah, ini sudah terjadi laporannya di 18 ATM BRI. Kemudian juga masyarakat sebagai pengguna jasa admin di daerah tentunya sangat memanfaatkan keberadaan ATM,” papar Leonard.

HOLIDY

Share.

Comments are closed.