Presiden Jokowi Persilakan Ketum Parpol Bersaing Ajukan Cawapres

RadarOnline.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mempersilakan kepada sejumlah ketua umum partai politik untuk bersaing mengajukan nama tokoh sebagai calon wakil presiden (cawapres) selama masih ada kesempatan sebelum adanya keputusan.

“Masih ada kesempatan kalau ingin bersaing. Masih ada Kesempatan. Barang seminggu dua minggu inilah kita putuskan. Jadi silakan bersaing dalam waktu seminggu dua minggu ini,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri peringatan Hari Lahir Ke-20 Partai Kebangkitan Bangsa di Hotel Grand Sahid Jaya pada Minggu (22/7) malam.

Hal iti disampaikan Presiden Jokowi lantaran belum ada keputusan siapa tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres untuk Pemilihan Presiden 2019. Pasalnya, dirinya juga sering bertemu sejumlah ketua umum partai seperti PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura dan PKB.

“Seperti yang disampaikan pak Muhaimin Iskandar, janur melengkungnya itu belum,” ujar Kepala Negara menjelaskan pernyataan Ketua Umum PKB.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa saat ini tengah menimbang sejumlah tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres. Dimana sebelumnya, Presiden telah mengerucutkan lima nama dari 10 tokoh pilihan. Namun kendati demikian, ia belum menyebutkan kelima nama tokoh tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Jokowi mengkonsultasikan kelima nama itu kepada sejumlah ketua umum partai. Dan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pada 4 hingga 10 Agustus 2018 mendatang.

Sumber: ANTARA