Polisi Amankan MR Atas Aksi Pelemparan Batu di Jalan Tol

RadarOnline.id, JAKARTA – Aksi pelemparan batu terhadap pengguna jalan tol di kawasan Kembangan Jakarta Barat yang sempat viral di media sosial akhirnya berhasil diungkap Polsek Kembangan, Polres Metro Jakarta Barat. 

Perbuatan pelaku berinisial MR, terhenti setelah Polsek Kembangan mengamankan pria tersebut. 

Kapolsek Kembangan, Kompol Supriyadi SH menerangkan, pihaknya mengamankan pria (MR) tersebut karena diduga kerap melemparkan batu ke jalan tol di kawasan Kembangan.

“Sebelum tertangkap, pelemparan batu yang dilakukan MR ini sempat  viral di media sosial,” terang Supriyadi, Selasa (17/7).

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Kembangan, Iptu Dimitri Mahendra menjelaskan, awal mula kejadian diketahui pada Senin (16/07) sekitar pukul 10:20 WI. Dimana saat itu korban, Jumingan yang baru saja menjemput anak majikannya dari sekolah TK di Apartemen Puri Gardenia dengan mengendarai Toyota Fortuner B-274-TJ memasuki jalan tol melalui gerbang tol Puri Indah dengan tujuan Perumahan Sunrise Garden Kebon Jeruk.

Setelah melintas di jalan tol dengan kecepatan 70 KM/jam dan saat melintas di KM 4 (tepat di bawah fly over Pesanggrahan, Kembangan) tiba-tiba terdengar bunyi “prak” dan saat yang bersamaan kaca mobil yang dikendarai korban mengalami retak (pecah). Korban pun menepikan kendaraannya untuk mengecek anak majikannya sekaligus mengecek sumber suara tadi. 

“Diketahui korban, terdapat dibagian wiper kaca depan ada  bekas pecahan batu marmer,” jelas Dimitri.

Setelah memastikan anak majikannya tidak mengalami luka, lanjut Dimitri, korban melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dan setibanya di rumah korban diarahkan majikannya untuk membuat laporan ke Polsek Kembangan.

“Atas kejadian yang menimpanya, korban melaporkan ke Polsek Kembangan,” lanjut Kanit Reskrim.

Berbekal adanya laporan yang dimaksud, Kapolsek Kembangan Kompol Supriyadi SH yang turun langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) didampingi Kanit Reskrim, Iptu Dimitri bersama anggota Reskrim lainnya melakukan olah TKP. Dari keterangan saksi di lokasi, Rokiyah dan Adih, polisi mendapat gambaran dan ciri-ciri orang yang dicurigai sebagai pelaku yang melakukan pelemparan terhadap kendaraan korban.

“Berdasarkan keterangan saksi itu lah kami melakukan pencarian dan berhasil menemukan  pelaku di sekitar kolong fly-over Pesanggrahan,” katanya.

Saat dilakukan penggeledahan, lanjut Dimitri terhadap tersangka maupun karung yang dibawa tersangka ditemukan bongkahan batu serta sebilah pisau dapur.

“Dari keterangan yang diperoleh dari saksi dikatakan pelaku MR ini pernah berulang kali melempar batu ke bawah jalan tol. Bahkan,  sekira 3 (tiga) bulan lalu, MR  pernah mencoba menusuk warga dengan pisau dapur,” ujar Dimitri

Ia menambahkan, hasil interogasi sementara terhadap tersangka diketahui bahwa  tersangka MR  diduga kuat mengalami gangguan jiwa, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi kejiwaannya ke Rumah Sakit Polri Kramatjati.

“Tersangka MR diduga mengalami gangguan jiwa, kita sudah serahkan ke RS Polri untuk di cek kejiwaannya. Kita tunggu hasilnya nanti apakah tersangka ini masuk ke ranah hukum atau tidak,” pungkasnya.

Atas peristiwa tersebut, polisi mengamankan barang bukti 1 buah pecahan batu marmer, dan 1 bilah pisau dapur.

MARKUS