Polres Pelabuhan Tanjung Perak Berhasil Amankan Pelaku Penculikan Balita

0
6

RadarOnline.id, SURABAYA – Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak berhasil mengamankan pelaku penculikan balita berinisial Muhammad Farhan Akbar berusia 9 bulan, kini sudah ditemukan dan akan langsung diserahkan ke orang tua balita.

Berawal, saat petugas menerima laporan polisi pengaduan dari salah seorang berinisial Nuraini Suprapti (45) warga Probolinggo, melaporkan penculikan terhadap anak kandungnya yang berumur 9 bulan laki-laki, yang diduga dibawa kabur oleh teman sendiri.

Petugas telah menerima laporan polisi pada tanggal 11 Juni kemarin, padahal kejadiannya adalah tanggal 28 Mei 2018.

“Jadi pihak keluarga sempat mencari dengan cara keluarga dulu karena kenal dengan pelaku, dalam waktu hampir 2 minggu tidak membuahkan hasil baru melaporkan kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Jika ketika ada kejadian langsung laporan polisi, seperti kita ketahui ini laporan sudah dua minggu setelah kejadian, jika laporan dari awal sejak kejadian kita mungkin lebih cepat menemukan anaknya dan menangkap pelaku,” ujar AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Setelah sempat hilang selama hampir satu bulan, bayi berusia 9 bulan dan pelaku penculikan Murni Rahayu (24) warga asal Pamekasan, Madura, akhirnya berhasil ditemukan oleh petugas Polres PelabuhanTanjung Perak di daerah Bekasi Jawa Barat.

“Kami di sela-sela pengamanan proses Pemilukada Jawa Timur tetap melaksanakan penyelidikan dengan proses metode yang kami kedepankan didalam teknis kepolisian. Alhamdulillah dalam waktu hampir dua minggu kami berhasil melacak keberadaan pelaku sejak dilaporkan kepada kami, anak ini beserta pelaku berhasil kami amankan di Bekasi Jawa Barat tadi sore sekitar pukul 17.00 WIB,” jelas Antonius Agus Rahmanto.

Saat ditemukan, balita berusia 9 bulan ini dalam kondisi sehat, dan langsung akan diserahkan kepada orangtuanya, “Kita mengutamakan keselamatan anak yang berumur 9 bulan tersebut, yaitu untuk sementara anak serta pelaku dengan tim kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat ini dalam perjalanan menuju Surabaya,” kata AKBP Antonius Agus R.

Pihaknya juga telah menghubungi orang tua balita tersebut, “Tentunya Kami sudah menghubungi ibu kandung untuk memberitahu kabar gembira ini, dan yang bersangkutan dari pihak keluarga kemungkinan segera akan bertemu dengan anaknya dan saat ini juga perjalanan ke Surabaya,” imbuhnya. Rabu (27/6) dini hari.

Setiba di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Pelaku penculikan beserta Balita sekitar pukul 22.30 Wib. Dan sekitar pukul 00.05 WIB (dini hari) orang tua balita tersebut datang ke Mapolres, akhirnya dipertemukan kepada orangtua yang tak bisa membendung ceria dengan menangis haru.

“Terimakasih banyak untuk semuanya, pihak kepolisian, teman-teman, saudara saya yang selama ini telah mencarinya,” ucap Nuraini Suprapti ibu balita 9 bulan.

“Sudah kita saksikan sendiri, kami sudah penyerahan kepada ibu kandung Korban Penculikan FA umur 9 bulan, malam ini juga kita serahkan kepada ibu kandungnya,” lanjut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto.

“Yang pasti kami tetap proses untuk penyidikan kasus Penculikan terhadap anak ini pasti akan kita lanjutkan sampai proses penyidikan dan proses tahap persidangan,” tegasnya.

Dalam hal ini, “Saya akan libatkan KPAI ataupun psikiater anak, untuk perawatan psikologis, kalau ibunya pasti kita pendampingan, dan anak nanti ada terapi khusus. Bagaimanapun juga umur 9 bulan itu sudah ada rasa, jadi rasa ini kita bina dari sekarang jangan ada tertekan mempengaruhi psikologi anak,” jelas mantan Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus Rahmanto.

HOLIDY