Trump dan Kim Jong Un Tandatangani Kesepakatan Denuklirisasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Radaronline.id, SINGAPURA – Hari ini, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menandatangani dokumen bersama di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018).

Dokumen bersejarah ini menjadi jalan bagi Korut untuk memulai denuklirisasi dengan segera. Setelah mengadakan makan siang bersama, kedua pemimpin duduk bersama untuk menandatangani dokumen yang disebut sebagai perjanjian komprehensif oleh Trump.

“Saya ingin berterima kasih kepada kedua pihak, termasuk Menteri Pompeo (Menteri Luar Negeri AS). Ini sangat luar biasa,” kata Trump kepada awak media saat menandatangani dokumen tersebut.

Trump sempat memperlihatkan dokumen yang telah ditandatangani keduanya. Setelah selesai, keduanya kembali berjabat tangan dan meninggalkan ruangan. “Kami sangat bangga dengan apa yang terjadi pada hari ini,” ucap Trump.

Sebelumnya, Trump dan Kim Jong Un bertemu secara empat mata. Dalam tatap muka selama kurang lebih 35 menit, Trump dan Kim didampingi penerjemah. Setelah keluar dari ruangan menuju ruangan lainnya, keduanya menyapa awak media dari balkon Hotel Capella. “Sangat, sangat baik. Hubungan yang luar biasa,” katanya, Selasa (12/6/2018).

Selanjutnya, Trump dan Kim melanjutkan pertemuan bilateral bersama penasihat mereka. Kemudian, diteruskan dengan penandatanganan dokumen bersama.

RBP

Share.

Comments are closed.