Didik: Jumiaty Penculik Bayi Dijerat Pasal Berlapis

RadarOnline.id, DEPOK – Kapolresta Depok Komisaris Besar Polisi Didik Sugiarto mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mengamankan tersangka Jumiaty (45), pelaku tunggal penculikan bayi berinisial AH, yang merupakan anak dari pasangan suami-istri Ranto dan Marlina.

“Jadi, pihak kepolisian telah memeriksa dua orang saksi dan akhirnya menetapkan Jumiaty sebagai tersangka penculikan bayi AH,” ujar Didik kepada sejumlah pewarta,di Mapolres Depok.

Dia menjelaskan, bahwa sebelumnya pelaku mengenal dekat dengan orang tua bayi tersebut. Begitu pula sebaliknya, kedua orang tua bayi AH juga mengenal pelaku lantaran rumah pelaku berada tak jauh dari rumah korban yang hanya berjarak beberapa meter.

“Jadi sebelum melakukan penculikan, pelaku telah mempelajari dahulu kondisi rumah korban. Bayi AH diambil pelaku saat kondisi rumah dalam keadaan sepi dan orang tuanya lengah melakukan pengawasan,” jelas Didik.

Didik menambahkan, bahwa dari pengakuan tersengka saat bayi AH sedang ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya dan hanya ditemani oleh kakaknya yang masih berusia 9 tahun.

“Artinya, pelaku setelah mengambil bayi tersebut lalu membawa ke rumahnya. Namun oleh pelaku, bayi AH dititipkan ke seseorang berinisial US yang ditugasi agar untuk merawat bayi tersebut AH itu,” pungkasnya.

Didik menegaskan, bahwa berdasarkan hasil dari pemeriksaan sementara, pelaku mengaku nekat menculik bayi AH karena ingin memiliki anak.

“Jadi untuk mempertanggung jawaban atas perbuatannya maka Jumiaty dijerat pasal berlapis yakni, dengan Pasal 330 KUHP dan Pasal 83 juncto Pasal 76F Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hingga 15 tahun penjara,” tandasnya.

MAULANA SAID

NO COMMENTS