Polsek Koja Ringkus Pencuri Laptop Ujian

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Jajaran Resmob Polsek Koja meringkus pelaku pembobolan 14 unit laptop yang beraksi Senin (23/4) dini hari di SMP Muhammadiyah 14 Kelurahan Tugu Utara. Pelaku yang diketahui bernama Mulyadi (24) dan Mangsur (19) berhasil ditangkap pada Rabu (25/4) siang di kawasan Walang.

“Kita berhasil menciduk pelaku ML (24) yang merupakan otak perencana dan MS (19) rekan dari pelaku ML,” ujar Kapolsek Koja, Kompol Agung, di Markas Polsek Koja.

Kompol Agung mengungkapkan bahwa, pelaku ML merupakan mantan petugas kebersihan di SMP Muhammadiyah 14. Rumahnya berada tak jauh dari sekolah yang dibobol saat siswa kelas IX akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar pada Senin (24/4) kemarin.

“Pelaku melakukan aksinya pada Senin (23/4) pukul 02.00 WIB (dini hari) dengan cara meloncat dari jendela, mencongkel pintu sekolah. Pelaku berhasil membawa 14 unit laptop didalam tas ransel warna hitam, lalu kemudian melarikan diri dengan memanjat pagar,” terang Kompol Agung.

Berdasarkan keterangan pelaku, 11 laptop diantaranya dijual ke penadah bernama Abang (DPO) yang berdomisili di Jakarta Timur. Pelaku baru mendapat DP sebesar Rp 500.000 dari total laptop senilai Rp 56,4 juta.

“Mulyadi berusaha melarikan diri kita saat hendak ditangkap. Pelaku mengaku uang hasil penjualan laptop akan digunakan untuk membeli narkotika jenis sabu,” ungkap Agung.

Kepada pelaku ML dan MS, keduanya dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman pidana penjara 5 tahun penjara.

ARUL

Sumber: Suara Pembaruan

Share.

Comments are closed.