Pemprov DKI Dukung Berkembangnya Lembaga Konsumen

RadarOnline.id, JAKARTA – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sandiaga Uno menegaskan dukungan pemerintah provinsi (Pemprov) terhadap perkembangan lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat. Pasalnya, para pelaku usaha memiliki kewajiban untuk menghormati (to respect), melindungi (to protect) serta memenuhi (to fulfil) hak-hak setiap individu selaku konsumen.

“Pemprov DKI Jakarta mendukung terbentuknya komunitas konsumen Indonesia,” kata Wagub Sandi pada peringatan Hari Konsumen Nasional (HKN) di Balairung, Balai Kota,  kemarin.

Sandi berharap berkembangnya lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat ini dapat menjadi pendorong masyarakat dalam membangun gerakan konsumen cerdas, serta memperkuat komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.

“Ini akan meningkatkan kesadaran dari produsen, konsumen dan pemerintah.  Semua untuk memastikan bahwa kita melindungi hak-hak dari konsumen dan kita tegakkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen ini,” papar Sandi.

Pemprov DKI, lanjut Sandi, saat ini sudah melakukan pembinaan dan pengawasan demi terciptanya hubungan yang sehat antara pelaku usaha dan konsumen.

“Di DKI ada lembaga penyelesaian sengketa konsumen yang dibina oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinas KUKMP).  Dan, kita harapkan ke depan ini juga bisa ditingkatkan agar digunakan sebagai layanan masyarakat,” tegas Sandi.

RANI

Sumber: beritajakarta.id

NO COMMENTS