Dame Doloksaribu: Disiplin Siswa Paling Utama Untuk Meraih Sukses

RadarOnline.id, TANAHJAWA – Dibeberapa sekolah, di Kabupaten Simalungun serentak dengan sekolah-sekolah lain di Nusantara, menggelar simulasi UNBK 2018, hal tersebut digagas sebagai persiapan untuk pelaksanaan UNBK yang akan diselenggarakan bulan depan. UNBK adalah ujian Nasional untuk tingkat SLTP/SLTA berbasis Komputer untuk siswa-siswi tahun pelajaran 2018 – 2019.

Dame Doloksaribu selaku Kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Tanahjawa, Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara, mengakui untuk menghadapi UNBK 2018, sekolah yg dipimpinnya terutama murid kelas tiga harus dipersiapkan untuk benar – benar dapat mengenal dan memahami seluk beluk dan manfaat komputer, agar pada pelaksanaannya UNBK nantinya dapat berjalan lancar dan sesuai target yang diharapkan.

“Siswa-siswi harus sudah mengenal perangkat Komputer dan mahir dalam penggunaannya, sehingga saat mengikuti UNBK semua siswa-siswi sudah tidak canggung dan ragu dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer nantinya pada tanggal 23 hingga 26 bulan April 2018,” kata Dame Doloksaribu, SPd, Selasa (20/3) siang.

Dipaparkannya, jumlah siswa yang ikut simulasi hari pada hari ini berjumlah 320 siswa, terdiri dari Pris sebanyak 170 peserta, sedang yang perempuan berjumlah 162 orang., dengan menggunakan 3(tiga) ruangan dan dilakukan dalam 3 (tiga) sesi, hal tersebut terpaksa dilakukan mengingat jumlah lattop yang mereka miliki masih hanya 120 unit saja.

Dalam kesempatan yang sama Dame Doloksaribu menegaskan kalau para siswa perlu dibekali disiplin, lewat mewajibkan semua siswa untuk selalu menjaga kebersihan sekolah. Lingkungan sekolah harus ditata dengan baik, sehingga dengan suasaana yang selalu bersih, rapi dan nyaman, diharapkan para siswa akan dapat belajar dengan nyaman, sehat dan segar. Sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sukses. Saat RadarOnline.id diajak berkeliling mengitari ruang kelas, Dame menyempatkan memperlihatkan rak sepatu tempat para siswa-siswi menyimpann sepatu yang wajib dilepas saat mengikuti pelajaran sehari-harinya di ruang kelas.

Terasa angin segar menyeruak hidung wartawan, saat berada di ruang kelas, suasana tenang dan tidak ada ada hiruk pikuk sebagaimana lajimnya suasana ruang kelas anak sekolah tingkat SMP lainnya, suatu teladan yang patut diterapkan oleh sekolah lainnya.

JUNI RICHARD

NO COMMENTS