Polres Pelabuhan Tanjung Perak Giat Pemeriksaan Senpi

RadarOnline.id, SURABAYA – Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak lakukan giat pemeriksaan senjata api (senpi) terkait kondisi fisik dan kelengkapan administrasi senjata api dari masing-masing anggota jajarannya, Selasa (23/1).

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Arief kristanto menjelaskan, “Pemeriksaan senpi ini dengan tujuan pertama mengecek kebenaran, kebersihan, kesiapan dari senpi itu sendiri apabila sewaktu-waktu digunakan,” ujarnya.

Hal tersebut, untuk mendukung kegiatan pelaksanaan tugas-tugas yang sifatnya preventif pencegahan maupun yang bersifat Represif upaya penegakan hukum.

Pemeriksaan fisik senpi ini adalah upaya penangkalan terhadap aksi pelanggaran disiplin, disamping itu juga mengecek kelengkapan administrasi serta mendukung pelaksanaan persiapan kegiatan pengamanan menjelang pilkada wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Pemeriksaan senpi dilakukan secara rutin maupun insidential dalam rangka pengawasan, juga untuk mengecek kelengkapan administrasi termasuk melakukan evaluasi terhadap kondisi, perilaku dan kejiwaan dari para pemegang senjata api,” jelas Wakapolres pelabuhan tanjung perak Kompol Arief kristanto.

Disamping pengecekan kelengkapan administrasi juga dilakukan tes psikologi terhadap anggota yang memegang senpi, “Tentunya juga kita berpedoman SOP yang diberlakukan di jajaran kepolisian, kelengkapan memegang senpi secara kejiwaan sehat normal tidak ada gangguan kejiwaan, beberapa anggota yang tidak lulus tes psikologi, berarti belum layak untuk memegang senpi,” terang Kompol Arief kristanto.

Pada pemeriksaan hari ini, lanjut Arief kristanto, ditemukan ada 20 ijin senpi yang sudah mati, dan masih menunggu perpanjangan surat ijinnya.

“Senjata api yang diperiksa semuanya 33, diantaranya laras pendek 25, dan Laras panjang 8. Hasil pemeriksaan, semuanya dalam kondisi baik dan digunakan sesuai peruntukan,” lanjut Wakapolres pelabuhan tanjung perak Kompol Arief kristanto.

HOLIDY

NO COMMENTS