Komisi III DPRD Meninjau Jembatan Kironggo

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, meninjau jembatan kironggo yang sempat mengalami keretakan di pengaman jembatan. Dalam Peninjauan itu, semua anggota Komisi bersama ketua komisi turun didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR).

Ketua Komisi III Samsul Hadi mengatakan, Peninjauan yang dilakukan oleh komisi, ingin melihat langsung keretakan bangunan yang sempat ramai di media sosial.

Kami ingin melihat langsung, dimana keretakan itu,” Kata Samsul Hadi, di Jembatan Kironggo, Selasa (23/1).

Dalam proses pekerjaan, tambah dia, elektabilitas terjadi karena adanya pengawasan secara mengikat. Setelah pengawasan terjadi tentunya ada perawatan. Menurut Samsul, keretakan yang terjadi pada pengaman jembatan masih bisa di tolerir.

“Pemeliharaannya kan masih panjang. masih bisa ditoleransi,” ujarnya.

Semetara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Karna suswandi mengatakan, kunjungan Komisi tiga bisa menjadi evaluasi kedepan. agar pekerjaan di Dinas PUPR bisa lebih baik dari kemarin.

Karna menerangkan, keretakan yang terjadi pada bangunan diakibatkan oleh, terjadinya penurunan pada tangga. Kata dia, tanah yang berada dibawah tangga merupakan tanah urukan. sehingga, terjadi penurunan setelah tanah urukan itu mulai memadat.

Kontruksi tangga itu beton. ketika terjadi penurunan, maka tangga itu menarik kebawah. sehingga, terjadi keretakan. Namun, secara teknis hal itu bisa diatasi dengan baik. Bahkan, diganti dengan beton bertulang,” ujar Karna.

Pada saat pelaksanaan, tambah karna, pemadatan yang dilakukan menggunakan stamper tidak bisa dipadatkan sampai seratus persen. sebab, akan berakibat fatal kepada bangunan yang masih basah. Disisi lain, terjadi pelapukan terhadap kayu dibawah beton yang digunakan sebagai penyanggah beton. Saat ini, pemadatan sudah bisa dilakukan dengan maksimal mengunakan warles.

SHODIQ