Pembuatan SIM Di Polres Metro Tangerang Sarat Pungli Tarifnya Rp 700.000

RadarOnline.id, TANGERANG – Dengan adanya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang berada dibawah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, nampaknya tidak menyurutkan nyali para oknum kepolisian untuk melakukan Pungli untuk meraup keuntungan. Padahal berdasarkan amanat Presiden Joko Widodo Satgas Sapu Bersih Pungli sudah mulai efektif bekerja setelah penerbitan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Namun tampaknya, untuk mengelabui Saber Pungli, berbagai cara dilakukan oknum kepolisian Metro Tangerang khususnya Satpas Pembuatan SIM, hal ini sangat jelas terlihat pada Proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Metro Tangerang yang ditengarai sarat dengan pungutan liar (Pungli). 

Hasil penelusuran RadarOnline.id Sabtu (13/1) sekitar pukul 05.00 Wib, Pelayanan pembuatan SIM sudah dipadati Pemohon, dan biaya pembuatan untuk SIM C tarifnya sangat fantastis, yaitu Rp. 700.000. Hal ini sesuai dengan pengakuan Haryadi salah seorang Pemohon SIM yang berdomilsi di Bogor yang berhasil di wawancara oleh wartawan dilingkungan pembuatan SIM Polres Metro Tangerang. 

Ketika ditanya berapa Biaya yang di bayarkan untuk pembuatan SIM tersebut, Haryadi mengatakan, “Saya bersama dengan teman saya Alek bayar masing masing bayar Rp. 700.000 untuk pembuatan SIM C, mungkin karena saya KTP Bogor,” ujarnya kepada wartawan. 

Ketika hal ini hendak dikonfirmasi RadarOnline.id ke Kanit SIM Polres Metro Tangerang, salah seorang petugas di pintu masuk pembuatan SIM menyarankan agar konfirmasi ke Humas aja. “Gak bisa langsung bang,” ujar petugas tersebut. 

Kompol Robinson Manurung selaku Humas Polres Metro Tangerang yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (13/1) mengatakan, “Saya tidak tau itu, sepengetahuan saya pembuatan SIM berjalan biasa aja, seandainya pun hal itu benar adanya, itu paling tindakan oknum. Saya tidak masuk hari ini karena ada acara pesta, dan saya sudah izin,” ujarnya melalui sambungan telepon selulernya.

Informasi yang di himpun RadarOnline.id, pemohon SIM di Polres Metro  Tangerang yang melakukan pengurusan pagi hari sekitar pukul 05.00 Wib merupakan pengurusan kolektif.

RODI SITIO

NO COMMENTS