Danrem 083 Imbau Petani Cintai Profesi

0
4

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Danrem 083 Baladhika Jaya Malang, Kolonel (Inf) Bangun Nawoko mengajak kepada petani untuk mencintai profesinya. Menurut dia, profesi petani merupakan profesi yang mulia. Selain itu, keberadaan petanilah yang menjadikan alasan utama Indonesia kembali meraih swasembada tahun 2017.

Keberpihakan pemerintah terhadap petani sangat luar biasa. Diantaranya, menyediakan pupuk bersubsidi dan bibit unggul yang bersertifikasi. Hal ini dilakukan agar petani berdaya dan tidak hanya mendapatkan pepesan kosong,” kata Danrem, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dalam acara tanam padi serentak dilahan Geltek BPP Desa Pancoran, Selasa (9/1).

Meskipun kenaikan harga beras saat ini cukup tinggi, namun tidak akan terjadi kelangkaan stok beras di tingkat akar rumput. Menurut Danrem, dua tahun terakhir ini Indonesia swasembeda beras. Bahkan, sudah mengekspor beras.

Bangun menerangkan, selama ini TNI sudah melaksanakan pendampingan kepada petani dalam program upaya khusus (upsus). ketahanan pangan, mulai dari perencanaan, penanaman, pemupukan, pendistribusian pupuk bersubsidi sampai masa panen. Menurut dia, Pemerintah, harus bisa meyakinkan petani dengan menjamin tidak akan ada kelangkaan pupuk maupun bibit. Termasuk saat panen, gabah atau beras milik petani bisa terserap.

SHODIQ