Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 1.2 Kilogram Narkotika

RadarOnline.id, SURABAYA – Upaya penyelundupan yang dilakukan oleh 2 (dua) orang kurir Narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.2 kilogram melalui Bandara lnternasional Juanda berhasil digagalkan oleh tim Bea Cukai Juanda bersama Satgaspam Bandara Juanda (Satgas TNl AL) dan dibantu oleh Denpom Lanudal Juanda, pada Minggu, 7 Januari 2018 siang.

Berbagai macam cara yang dilakukan oleh para pelaku penyelundupan Narkotika. “Tersangka meletakkan Narkotika Janis Sabu-sabu di sepatu untuk menghindari pemeriksaan X Ray tahap pertama, dan memindahkan sabu ke Tas Ransel sehingga dapat disimpulkan sementara bahwa mereka adalah sebuah jaringan penyelundup Narkotika,” papar Kepala KPPBC Tipe Madya Juanda Budi Harjanto, Selasa (9/1).

Setelah dilaksanakan pemeriksaan awal terhadap pelaku oleh tim Bea Cukai Juanda kemudian diserahkan ke Denpom Lanudal Juanda, selanjutnya para pelaku di serahkan ke BNNK Sidoarjo untuk proses lebih lanjut bersama Sat Narkoba Polresta Sidoarjo.

Dalam waktu 2 pekan Tim Bea Cukai Juanda bersama Satgaspam Bandara Juanda telah berhasil menggagalkan penyelundupan Narkotika jenis sabu-sabu, dengan 2 (dua) orang tersangka inisial DS dan N, berangkat dari Batam Kepulauan Riau menuju Surabaya dengan menggunakan Transportasi Udara.

Awalnya, kedua tersangka tersebut di Janjikan akan mendapatkan upah sebesar Rp 4,5 juta dari seseorang berinisial R dan AP alias M. “Kedua orang tersangka ini masih mendapatkan upah Rp 1 juta, jika berhasil membawa 1.2 Kilogram Sabu-sabu sampai di Bandara lnternasional Juanda sisanya sebesar Rp 3,5 juta akan di bayarkan setelah barang tersebut sampai di Juanda dengan aman,” ujar Komandan lanudal Juanda Kolonel Laut Bayu Alisyahbana.

Kemudian 2 orang tersangka berencana menyewa Hotel di sekitar Bandara Juanda untuk menyatukan Sabu-sabu tersebut dan diberikan kepeda R dan AP alias M, yang berangkat belakangan dari Bandar Udara lnternasional Hang Nadim Batam sambil meminta sisa bayaran yang telah di Janjikan.

Setelah dilakukan pengembangan terhadap tersangka DS dan N, petugas berhasil meringkus tersangka lain yakni R dan AP alias M, di Bandara Udara lnternasional Hang Nadim Batam, dan sebelum take off menuju Surabaya petugas juga menangkap tersangka lH, M dan Z setelah landing di Bandara lnternasional Soekarno Hatta Cengkareng.

Kesuksesan penggagalan penyelundupan Narkotika maupun barang barang terlarang lainnya melalui Bandara lnternasional Juanda ini menunjukkan bahwa Sinergitas dan Soliditas unsur unsur terkait Pengamanan Bandara Juanda betul-betul serius dalam upaya mencegah setiap usaha dan tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh orang orang tidak bertanggungjawab.

“Sehingga kedepan para pelaku tindak kejahatan akan berpikir 1.000 (seribu) kali untuk memanfaatkan Bandara lnternasional Juanda sebagai transportasi dalam melakukan aksinya,” lanjut Budi Harjanto.

HOLIDY

NO COMMENTS