Polda Jatim Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2018

0
15

RadarOnline.id, SURABAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menggelar Apel kesiapan Operasi Mantap Praja Semeru 2018 dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018, dilapangan Upacara Mapolda Jatim, Jumat (5/1).

Gelar Apel pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Machfud Arifin SH sekaligus sebagai Inspektur Upacara (Irup), didampingi Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo iryansah mewakili Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman MA.

Apel tersebut diikuti oleh para pejabat utama Polda jatim diantaranya, Kabidhumas Polda Jatim, Dirsabhara, Dirlantas, Dansatbrimob, Kabidpropam, Kabidkum, Direskrimum, Kabiddokkes, dan Danrem, serta personel sebanyak 18 SSK, dan 2 SST Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Linmas, dan orari.

Dalam sambutannya Kapolda Jatim berharap, seluruh personel siap untuk mengawal dan mengamankan para calon secara baik. “Apabila dalam pelaksanaan Pilkada terdapat dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi, saya harap segenap personel baik dari unsur Polri, kejaksaan walupun Panwaslu yang tergabung, supaya dapat menjalankan perannya secara optimal sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap tindak pidana pilkada yang terjadi,” sambut Irjen Pol Drs Machfud Arifin.

Laksanakan tugas secara profesional, “Sehingga dapat memberikan rasa keadilan kepada semua pihak, sebagai upaya menciptakan sekaligus memelihara situasi kondusif selama pilkada berlangsung, saya berharap seluruh Kasatker, kasatwil serta seluruh Anggota melakukan berbagai langkah pendekatan dan pelanggaran pengalangan kepada para tokoh, baik tokoh agama, tokoh masyarakat diwilayah masing-masing, sehingga dapat membangun kesejukan diwilayah Jawa Timur,” ujar Kapolda Jatim.

Kita tidak menginginkan adanya perpecahan dan pertentangan maupun saling fitnah, mari bangun perdamaian diwilayah Jawa Timur, ” lanjut Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Machfud dalam sambutannya sebagai inspektur upacara gelar Apel pasukan Operasi mantap Praja Semeru 2018.

Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana polri beserta unsur terkait sebelum nantinya diterjunkan kelapangan.

“Semuanya kita sudah mempersiapkan pengamanan dengan mulai hari ini, gelar pasukan secara serentak menandakan bahwa tahapan Pemilu sudah mulai berjalan mulai hari Senin, untuk bisa mengamankan setiap aktivitas kegiatan yang rangkaian daripada Pemilukada, jadi kita tidak boleh under estimate setiap tahapan harus kita amankan, personil harus ada pada setiap tahapan-tahapan Pemilukada,” tegas Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Machfud Arifin saat diwawancarai usai apel gelar pasukan.

“kita harus tidak boleh tidak diantisipasi setiap diskusi dengan kekompakan kita dengan TNI, dengan semua unsur penyelenggara KPU bahu membahu dengan seluruh masyarakat Insya Allah Jawa Timur Aman,” lanjut Irjen Pol Drs Machfud Arifin.

Hal ini dilakukan, mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara Pilkada, TNI, masyarakat dan mitra keamanan, supaya pilkada serentak Jawa Timur dapat berlangsung aman, jujur, adil, dan demokratis.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, melalui Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo iryansah menyampaikan bahwa Kodam V/Brawijaya beserta seluruh jajaran TNI di wilayah Jawa Timur. “Kita kerahkan kekuatan sebesar 6210 personil siap untuk mendukung penuh pengamanan Pilkada yang dilaksanakan oleh Polda Jawa Timur beserta jajarannya,” jelas Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo iryansah.

Disamping pelaksanaan pemilihan gubernur dan pemilihan bupati, wakil bupati dan walikota yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. “Nanti kita juga akan memasuki Salah satu tahapan Pemilu presiden yaitu tahap pendaftaran Pasangan calon pilpres 2019, selanjutnya saya menyatakan bahwa TNI dan Polri akan tetap netral dalam rangka mengawal dan mengamankan Pilkada serentak Jawa Timur tahun 2018 berlangsung aman lancar dan sukses,” ujar Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansah.

HOLIDY