Ledakan Pabrik Kimia di Cilegon Muntahkan Material Berwarna Putih

RadarOnline.id, BANTEN – Duuaarr…… Suara ledakan keras terjadi di pabrik kimia milik PT Indorama Petrochemical, Cilegon, Banten, Jumat (29/12) pagi. Ledakan memuntahkan material berwarna putih menutupi puluhan rumah dan kendaraan yang melintas tepat di depan perusahaan yang berlokasi di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

“Suaranya kayak bom. Keras banget,” kata Wahyu, warga Kampung Rombongan, Cilegon, Banten, Jumat (29/12).

“Abis suara ledakan, turun hujan tapi abu putih bikin sesak. Mirip tepung,” ujarnya.

Akibat ledakan ini, sedikitnya 20 warga mengalami gata-gatal dan dibawa ke klinik PT Indorama untuk diperiksa kondisinya.

Management PT Indorama Pterochemival melalui Human Resourches (HR) and Corporate Affair, Malim Hander Joni mengatakaan, ledakan disebabkan tersumbatnya saluran kristalisasi Crude Terephthalic Acid (CTA).

“Proses kristalisasi mau dikeringkan. Di sini (saluran) ada blok, nyangkut gitu, setiap nyangkut kan dia (pengkristalan) jalan terus nih. Efeknya didorong terus, tekanannya naik terus. Di sini (titik ledakan) ada savety control, keluar lah dia,” kata Malim Joni, Jumat.

Malim Joni mengungkapkan bahwa, pihaknya mengklaim jatuhnya korban pada peristiwa ini. “Hanya ada satu orang yang dibawa ke rumah sakit, karena terjatuh. Sedangkan, material putih yang timbul usai ledakan cukup disiram air selama 5-10 menit,” tegasnya.

RODI SITIO