Volume Pekerjaan Proyek Jalan Pasar Rebo-Parung Goong Dikorupsi

RadarOnline.id, TANGERANG – Pembangunan jalan bertajuk “Peningkatan Jalan Pasar Rebo- Parung Goong” Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang diduga kuat tidak sesuai dengan RAB dan gambar teknisnya. Volume dari beberapa pekerjaan diduga dikurangi atau dikorupsi.

Pelaksanaan pengecoran jalan tanpa pemadatan itu diduga kuat disengaja untuk mengurangi volume agregat untuk pelebaran badan jalan dan pengembalian kondisi perkerasan lama.

Kondisi badan jalan yang amburadul itu juga diperkirakan akan mengurangi volume beton cor. Sebab, dengan kondisi lahan atau badan jalan yang amburadul itu ketebalan beton cor akan berkurang.

Pengurangan volume juga dilakukan pada pekerjaan besi tulangan dowel. Besi tulangan dowel yang terpasang pada dudukannya hanya 4 potong dengan jarak terpasang lebih dari 50 cm. Rangkaian besi tulangan dowel terpantau dipasang pada jarak lebih dari 15 meter. Diprediksi untuk pengecoran sepanjang sekitar 100 meter terakhir tidak lagi menggunakan besi tulangan dowel karena sudah kehabisan stok.

Semua sudak kami anjurkan supaya dilaksanakan sesuai RAB, termasuk pembesiannya. Tetapi tidak dilaksanakan,” kata Muflih petugas dari konsultan pengawasan yang ditemui di lokasi Senin (18/12).

JUARA SIMANJUNTAK

NO COMMENTS