Ada 39 Kelompok Penerima Bantuan DBHCHT

0
8

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Ir Murjana menyampaikan ada 39 kelompok keseluruhan yang menerima bantuan. Program yang diberikan kepada 39 kelompok keseluruhan bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2017 yang dikelola oleh propinsi yang kemudian dihibahkan kepada Kabupaten.

Nama kegiatan ini, adalah pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat Bidang peternakan. Dana cukai ini, lebih banyak berupa bantuan langsung kepada masyarakat,” ujar Murjana dikantornya, Senin (18/12).

Murjana menerangkan keseluruhan bantuan yang diberikan kepada kelompok tersebar di 34 Desa pada 20 Kecamatan. Penerima, merupakan kelompok yang sudah memiliki badan hukum.

Murjana merinci kelompok yang telah mendapatkan bantuan itu. diantaranya, 12 Kelompok menerima bantuan berupa Domba dan 2 kelompok ternak kambing. Dalam pemberian bantuan, dijadikan satu paket dengan peralatan dan obat.

Selain itu, 30 unit kandang sapi telah diberikan kepada 15 kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan 2 unit kandang sapi lengkap dengan peralatannya. Gedung pakan diberikan kepada 6 kelompok dan mesin pencacah rumput kepada 4 kelompok.

Murjana mengungkapkan, semua bantuan yang diberikan kepada kelompok sudah terealisasi keseluruhan. Kata dia, setiap kelompok yang menerima bantuan, berjumlah sekitar 20 orang. Ia berharap, semua bantuan itu, dapat dimaksimalkan dengan baik oleh kelompok sehingga dapat memberikan penghasilan berkelanjutan.
 
SHODIQ