Gelar Adat Umar Septono Raja Bersinar Dan Berani

RadarOnline.id, TAKALAR – Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono menghadiri Maudu Lompoa di Cikoang Laikang Kabupaten Takalar, Minggu (17/12).

Kedatangan Kapolda ini disambut payung kerajan secara adat Angngaru, tarian penyambutan tamu dan di sematkan Sarung Sutera oleh Karaeng Polongbangkeng.

Kapolda yang di kenal Jenderal Ustadz ini dijemput pemangku adat Laikang, para Raja Se Sulawesi Selatan bersama unsur Muspida Kabupaten Takalar.

Ditempat kelahiran salah seorang Pahlawan nasional Indonesia Padjonga Daeng Ngalle Karaeng Polongbangkeng ini, Kapolda Sulsel diberi gelar adat kehormatan “Imanyingarri Karaeng Tobarani.”

Pemberian gelar oleh Dewan Adat kerajaan disampaikan langsung oleh Karaeng/Raja Polonbangkeng yang disaksikan oleh semua raja raja yang hadir dan pemerintah setempat ditandai dengan penyerahan Badik kerajan yang diserahkan langsung oleh pemangku adat, Raja Laikang sebagai tanda persaudaraan dengan Kerajaan dan menjadi warga Kerajaan.

Imanyingarri Karaeng Tobarani bermakna Raja Bersinar dan Berani,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani dalam keterangan tertulisnya via WhatsApp.

BACHTIAR BARISALLANG