Menteri Yohana Berkunjung ke Lamakera Flores Timur

RadarOnline.id, LAMAKERA – “Negara melindungi perempuan dan anak-anak untuk menjadi generasi penerus masa depan,” pesan tersebut disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise di hadapan ratusan anak, guru, masyarakat dan pemerintah daerah Lamakera dalam kegiatan di Kota Lamakera, Flores Timur. Menteri Yohana berharap kehadirannya di Lamakera dapat menginspirasi anak-anak Lamakera, Flores Timur.

Seluruh anak Indonesia adalah anak kita semua sehingga tidak boleh ada satupun anak yang kita cintai mendapat diskriminasi dan kekerasan. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh pihak untuk lebih peduli pada pemenuhan hak dan perlindungan anak. Apa yang menjadi hak anak tentu menjadi tugas dan kewajiban yang harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah, media, dunia usaha serta masyarakat,” tegas Menteri Yohona.

Menteri Yohana memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen pemerintah daerah Kabupaten Lamakera, Flores Timur untuk mewujudkan kota yang ramah perempuan dan anak. “Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk komitmen saya untuk menjaga perempuan dan anak. Jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terus meningkat namun masih terselubung karena banyak korban yang masih enggan melaporkan kekerasan yang dialami. Oleh karena itu, saya menghimbau masyarakat untuk melaporkan kepada aparat kepolisian jika mengalami kekerasan. Saya berharap apa yang telah dilakukan pemerintah daerah kabupaten Lamakera, Flores Timur dapat diimplementasikan di desa lain di seluruh provinsi agar dapat meminimalisasi segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan ekploitasi terhadap perempuan dan anak,” tutur Menteri Yohana.

Usai berkunjung ke Pelabuhan Lamakera, Flores Timur Menteri Yohana di dampingi Anggota Komisi VIII, Ali Taher tiba di kampung halamannya sekaligus meresmikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3, Madrasah Aliyah Negeri 2 Flores Timur, dan meletakkan batu pertama dalam pembangunan komplek pendidikan di Bukit Peradaban H. Ibarahim Dasi Lamakera, Flores Timur dengan tujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat Lamakera untuk memperoleh pendidikan secara memadai yang dapat menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam kegiatan yang diisi dengan dialog bersama anak-anak Lamakera tersebut, hadir juga Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), perwakilan Menteri Sosial, perwakilan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Gubernur NTT, dan Bupati Flotim.

YENNY

Sumber: Media KPPPA