Jasa Marga Terapkan Penyesuaian Tarif Tol Surabaya-Gempol

RadarOnline.id,SURABAYA – Terhintung mulai Jumat, 8 Desember 2017 pukul 00.00 WIB, PT. Jasa Marga menerapkan penyesuaian tarif tol Surabaya-Gempol. Hal itu disampaikan Dwimawan Heru APV selaku Corporate Communication PT. Jasa Marga.

Dwimawan mengatakan bahwa penyesuaian dan evaluasi tarif tol setiap dua tahun ini dilakukan berdasarkan tarif lama yang di sesuaikan dengan laju inflasi.

Perhitungan usulan tarif tol dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang kemudian dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir,” kata Dwimawan, Rabu (6/12).

Adapun besaran tarif, lanjut Dwimawan, akan disesuaikan dengan laju inflasi.

Sementara itu, Senior Officer PR Jasa Marga Cabang Surabaya, Agus Tri Antyo saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, kenaikan tarif hanya diberlakukan untuk golongan lll, lV dan V.

Kenaikan ini tidak berdampak signifikan terhadap pendapatan Jasa Marga karena komposisi kendaraan Golongan I paling besar, yaitu 76 persen, Golongan ll sebesar 19 persen, Golongan lll hanya 3 persen, Golongan lV hanya 1 persen, dan Golongan V hanya 1 persen,” katanya, Rabu (6/12).

Menurut Agus, penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang di atur dalam Undang-Undang No. 38 tahun 2004 pasal 48 ayat 3 tentang Jalan Tol. Dan, penyesuaian tersebut diatur oleh Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) nomor 974/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jawa Timur.

ROKIM

NO COMMENTS