Danrem 083/Bdj Sambangi Pasien Operasi Katarak di RST-Malang

RadarOnline.id, MALANG – Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko sambangi pasien Operasi Katarak di Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen Kota Malang, Rabu (6/12).

Kegiatan sosial operasi katarak merupakan Bhakti sosial dan operasi kesehatan gratis. Kegiatan ini disamping sebagai upaya untuk peduli terhadap kehidupan sesama, kegiatan ini juga merupakan bentuk dari implementasi kemanunggalan TNI-Rakyat dalam membantu dan meringankan beban masyarakat dari kesulitan, begitu penyampaian Kolonel Inf Bangun Nawoko kepada media yang hadir. Operasi katarak yang di kemas dalam Bhaksos ini kerja sama dengan Kemenkes RI, TNI dan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia)

Katarak merupakan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia dan di dunia. Dari semua kebutaan pada masyarakat, lebih dari 50% disebabkan oleh katarak. Katarak merupakan proses degeneratif yang sangat dipengaruhi oleh faktor usia, oleh karena itu resikonya akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah lanjut usia.

Ucapan TERIMA KASIH yang Dalam dari pasien atas nama Asnan, Ismail, Sumini dll yang berusia rata-rata 75 tahun, kepada Bapak TNI atas segala bantuan dan semuanya GRATIS TIS……Tanpa sepeserpun mengeluarkan anggaran … Lebih bersyukur lagi bahwa bapak Asnan dkk langsung bisa membaca nama Komandan Korem 083/Bdj di papan nama di pakaian Dinas Komandan.

Di hari ke -7 ini operasi gratis katarak di RST TK II Soepraoen sudah menjaring total 462 orang. Yakin Tarjet 500 orang besok di hari terakir tercapai.

Korem 083/Bdj dalam operasi katarak gratis ini terbagi menjadi dua titik. Yaitu di RST Jember dan RST Soepraoen Malang.

Target personil atau pasien adalah 1000 orang. Di hari ke 7 ini sdh mencapai 90 % dari Target pasien di mungkinkan malah melebihi target dari 1000 pasien.

Menyikapi kegiatan tersebut Korem 083/Bdj sebagai salah satu tuan rumah pelaksanaan Bakti Sosial TNI operasi Gratis ini, Korem 083/Bdj beserta jajarannya sangat pro aktif terhadap upaya ini.

Danrem 083/Bdj dan jajaran sangat mendukung program Komando Atas ini, Bahkan memerintahkan Babinsa yang terlatih untuk merekrut penderita melaksanakan screening awal dan sudah mendapat pembekalan sejak lama sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah terbiasa dan berpengalaman menjadi relawan.

Kegiatan operasi karatak ini di ikuti 12 dokter specialis katarak yang di pimpin Letkol Ckm dr Nurhadi dari RST Soepraoen dengan jumlah pasien pada hari ke tujuh ini sebanyak 930 orang.dari dua tempat rumah sakit yang sudah terdata.

HUSNUL

Sumber: Penrem 083/Bdj

NO COMMENTS