Diding Wahyudin Raih Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional

RadarOnline.id ,JAKARTA – Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November merupakan suatu pengghargaan dari pemerintah Indonesia karena begitu besar jasa para guru-guru untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas unggul.

Diding Wahyudin, S.Pd, M.si seorang guru yang kini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMK 4 Jakarta Utara merupakan salah satu dari para kepala sekolah yang mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2017. Dan juga berhasil meraih medali emas untuk guru berprestasi tingkat Nasional 2017.

Diding Wahyudin yang lahir di Pageregeung, Tasikmalaya pada 15 Juni 1972. Di usia masih terbilang muda yakni 45 tahun Diding Wahyudin sudah banyak meraih berbagai prestasi di dunia pendidikan, baik masih dibangku sekolah sebagai pelajar maupun kini sebagai pengajar dan kepala sekolah.

“Saya ingin berbagi apa yang diminta oleh Dinas Pendidikan, saya dengan ikhlas semua jiwa raga saya, saya berikan untuk kemajuan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta” ujar Diding Wahyudin pada acara dialog interaktif di Dinas Pendidikan, Rabu (29/11).

Diding mengatakan bahwa meskipun kedua orang tuanya adalah seorang petani tapi orang tuanya memiliki semangat untuk menyekolahkan anaknya sampai ke perguruan tinggi dan hasilnya semua mereka empat bersaudara bisa lulus menjadi Sarjana dan semuanya juga telah bekerja.

“Bapak saya selalu memberikan modal pada saya harus bekerja, jangan seperti bapak jadi petani, ini yang saya dapatkan dari ayah saya Almarhum,” kata Diding.

Diding menceritakan prestasi yang pernah dia raih yakni yang pertama waktu dia masih duduk dibangku  sekolah dasar dia sudah diberikan 2 ekor kambing oleh orang tuanya untuk dipelihara dan sampai kelas 6 SD kambingnya sudah menjadi 6 ekor. Diding mengatakan bahwa sejak kecil orang tuanya memang sudah mengajari tentang wirausaha dan ilmu itu selalu melekat di kehidupan Diding sampai saat ini.

Diding juga berbagi cerita dengan para peserta dialog interaktif bagaimana dirinya bisa meraih medali amas Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional 2017. Diding mengatakan ada langkah-langkag dan faktor-faktor penunjang yang harus diperhatikan karena menurutnya, dia tidak akan bisa meraih semua itu jika tidak faktor penunjang yang membantunya.

“Karena kita juara ini tidak bisa sendiri karena banyak faktor-faktor yang harus kita rangkul, kita raih. Terimakasih untuk semua yang telah mendukung karena tanpa dukungan dan doanya saya yakin tidak bisa meraih juara 1,” kata Diding.

Ada empat langkah menurut Diding yang harus diperhatikan menuju menjadi juara. Yang pertama adalah P (Planning) atau menurutnya adalah Niat. Jadi ada tahap-tahapannya. Untuk dapat meraih medali emas Kepala sekolah berprestasi tingkat nasional 2017. dia sudah mempersiapkannya 2 tahun sebulum ajang ini diperlombakan.

EDISON MUNTHE

NO COMMENTS