Program Pelayanan Akta Kelahiran Gratis TA 2017

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kepala Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kota Depok, Misbahul Munir membenarkan, bahwa pelayanan sehari pembuatan akta kelahiran sebagai wujud kepedulian Pemkot Depok dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan khususnya pembuatan akta kelahiran gratis bagi warga yang berusia antara 0-18 tahun.

“Artinya, proses pembuatan akta kelahiran gratis ini merupakan bentuk peningkatkan kualitas pelayanan dari kami kepada masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran, namun untuk usia antara 0-18 tahun,” ujarnya, di kantornya.

Menurutnya, bahwa program pelayanan akta kelahiran tahun anggaran tahun 2017, secara gratis itu pihaknya juga telah melakukan
pelayanan mobile. Bahkan pihaknya sudah menyerahkan akta kelahiran kepada salah seorang warga secara simbolis yang telah diterbitkannya.

“Artinya, penyerahkan secara simbolis itu disaksikan pula oleh Kasi Pelayanan Pencatatan Kematian dan Kelahiran Disdukpencapil Achma Yusuf dan petugas pelayanan lapangan Disdukpencapil, yakni Mujahiddin,” tutur Munir.

Sementar itu, Kepala Seksi Pelayanan Pencatatan Kelahiran dan Kematian Disdukpencapil Kota Depok, Achmad Yusuf membenarkan, bahwa program pelayanan mobil untuk pembuatan akta kelahiran gratis telah dimulai sejak 1 Februari dan berakhir November 2017 di kantor Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos.

“Jadi, selama kurun waktu Februari hingga November tahun ini, mobil pelayanan keliling pembuatan akta kelahiran gratis telah mencakup sebanyak 32 kelurahan se Kota Depok, dengan kapasitas pelayanan akta kelahiran gratis di setiap kelurahan sekitar 200 lembar.

“Bahkan antusias masyarakat untuk membuat akta kelahiran bagi anggota keluarganya cukup tinggi, hal ini terlihat di setiap kelurahan kami bukan pelayanan keliling selalu dibanjiri warga,Sejak Februari sampai November ini diperkirakan 2.000-an akta kelahiran gratis sudah kami berikan kepada warga Depok yang berusia dari 0-18 tahun,” ujar Achmad.

Sama halnya dengan petugas pelayanan lapangan, Mujahidin menambahkan, bahwa kapasitas atau kemampuan pelayanan mobil keliling Disdukpencapil hanya sekitar 200 akta kelahiran, dan calon pemohon rata-rata sampai duakali liat. Namun, dengan pelayanan sehari akta kelahiran gratis,langsung bisa diterbitkan apabila persyaratannya sudah terpenuhinya.

“Jadi, bilamana hingga jam kerja ternyata pelayanan keliling belum bisa menerbitkan akta kelahiran yang permohonan warga sudah terdaftar, kami akan memproses di kantor dan warga nanti akan dikabari duaminggu kemudian melalui kantor kelurahan,” pungkasnya.

Maulana Said

NO COMMENTS