Depok Kembali Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

0
7

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kembali memberikan penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda tahun 2017, kepada Kota Depok.

Sebelumnya Kota Depok telah meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa sebanyak dua kali berturut-turut pada tahun 2013 dan 2015 dengan dua tatanan. Sementara untuk kategori penghargaan Swasti Saba Wiwerda merupakan yang pertama kali diraih Kota Depok.

“Artinya, ini merupakan ketiga kalinya Kota Depok memperoleh penghargaan Kota Seha dari Kementerian Kesehatan RI,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati, di Balaikota.

Dia menjelaskan, bahwa penghargaan itu merupakan wujud kerja sama antara unsur-unsur masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Depok sebagai kota sehat. Jadi, dengan penghargaan kota Sehat ini, masyarakat di Kota Depok lebih peduli dan sadar untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Artinya, dengan melalui berbagai upaya promotif dan preventif, sehingga tingkat kesehatan masyarakat di Kota Depok dapat terus meningkat penghargaan itu,” jelas Lies.

Lies menambahkan, bahwa diperolehnya penghargaan tersebut karena Kota Depok telah memenuhi empat kriteria atau tatanan dari sembilan kriteria yang ada.

“Artinya, dengan keempat tatanan tersebut yaitu tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, dan tatanan kehidupan sosial yang sehat,” pungkasnya.

Maulana Said