70 Rumah Terendam Air di Serbalawan

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – Telah terjadi banjir di Pasar Bawah Kelurahan Serbalawan Kabupaten Simalungun yang mengakibatkan sekitar 70 rumah warga terendam air pada Jumat (1/12/2017) sekira pukul 22.00 wib.

Informasi dihimpun, Sabtu (2/12), Banjir tersebut diduga akibat luapan air dari bandang dengan curah hujan yang tinggi berasal dari Perkebunan PT. Bridgestone yang terjadi.

Pada saat banjir, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH langsung memimpin 250 orang personil yang terdiri dari Personil Polres Simalungun, Polsek Serbelawan, Polsek Perdagangan, Personil gabungan Brimob Pematangsiantar dan Tebing Tinggi melakukan proses evakuasi para korban banjir.

Di lokasi banjir turut hadir Sekda Kabupaten Simalungun Gideon Purba, Asisten I dan II Kabupaten Simalungun serta Camat Dolok Batu Nanggar.

Proses evakuasi dilaksanakan oleh personil gabungan Polres dan Tim SAR Brimob Pematangsiantar dan Tebing Tinggi dengan menggunakan peralatan Polri dan penerangan seadanya, menyeberangi arus air yang diprediksi berkecepatan kurang lebih 70 km/ jam dengan kedalaman sekitar 2 meter. Warga berhasil dievakuasi pada pukul 01.30 wib kemudian diamankan ke Mesjid terdekat dan tempat yang lebih aman guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bantuan juga dilakukan dengan mendatangkan alat berat beko untuk melakukan pengerukan parit guna membuka jalan air.

Satu (1) keluarga (2 wanita, 1 laki-laki, 1 anak dibawah umur dan 1 balita) yang terjebak di lantai 2 rumahnya berhasil diselamatkan.

Banjir tersebut melintasi jalan HR. Sihab Pasar Bawah Serbelawan, daerah tersebut merupakan dataran rendah yang di sekitarnya terdapat rumah penduduk dan juga ada sungai Singkam.

Sampai saat ini, seluruh personil gabungan masih melaksanakan pengamanan di lokasi untuk mengantisipasi manakala ada banjir susulan dan pengamanan terhadap rumah, harta dan benda masyarakat dari hal yang tidak diinginkan, dengan mendirikan Posko di sekitar lokasi banjir yang nantinya posko tersebut juga akan diperuntukkan kepada warga yang menjadi korban banjir.

John Sihombing

NO COMMENTS