Pemkot MoU Rakorwasdanas APIP dan APH Kawal Pembangunan

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pemerintah Daerah Tingkat Nasional (Rakorwasdanas), Tahun 2017. 
Rapat tersebut bertujuan meningkatkan pengawasan terhadap kinerja pemerintah daerah dalam melakukan serapan anggaran tahun 2017.

Selain itu juga telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) koordinasi antara Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dengan Aparatur Penegak Hukum (APH) oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

“Maka dari itu, kami atas nama Pemeritah Kota Depok, sangat mendukung adanya kerja sama antara APIP dan APH, ini. Jadi, bilamana di daerah kami ada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok. Maka diharapkan dapat meningkatkan pengawasan, sehingga dapat mencegah penyelewengan anggaran,” ujar Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, usai menghadiri Rakorwasdanas di Hotel Bidakara Jakarta. 

Pradi berjanji bersama Walikota Muhammad Idris, berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap serapan anggaran yang dilakukan oleh semua Perangkat Daerah (PD). Agar program bisa dilaksanakan secara maksimal, dan hasilnya pun akan berdampak positif untuk kesejahteraan dan pendapatan daerah.

“Apalagi, kita sudah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut, tentu ini menjadi semangat tersendiri dalam hal pengawasan anggaran,” ucap orang nomor dua di Kota Depok itu.

Pernyataan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna itu diamini oleh Kepala  Inspektorat Kota Depok, Novarita menambahkan, bahwa sesuai arahan pemerintah pusat, Pemkot Depok menerapkan perencanaan dan pengawasan berbasis e-planning. Jadi, dengan begitu, kerahasiaan data dari masing-masing PD saat melakukan lelang jasa/barang bisa lebih terjaga.

“Artinya, seperti yang diamanahkan Pak Wapres RI, kita tidak perlu takut berinovasi dalam melakukan penggunaan anggaran, asalkan mekanismenya sesuai mengikuti aturan,” pungkasnya.

Maulana Said

NO COMMENTS