KPK Periksa Sekretaris Pelindo II

RadarOnline.id, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dan memeriksa Sekretaris PT Pelindo II (Persero) Santi Puruhita dalam kasus suap di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Yang bersangkutan (Santi Puruhita) akan diperiksa sebagai saksi untuk ATB (tersangka Dirjen nonaktif Perhubungan Laut, Antonius Tonny Budiono),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (23/11).

Tak hanya Santi Puruhita, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap staf lalu lintas angkutan laut KSOP Samarinda, Lukman dan Capt Hari Setiabudi selaku pensiunan PNS Ditjen Perhubungan Laut. Keduanya, lanjut Febri akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka yang sama, yakni ATB.

Tim penyidik KPK tengah membidik pihak lain yang diduga ikut menyuap Antonius. Dan akan memeriksa saksi yang diduga kuat mengetahui pusaran rasywah di lingkungan kementerian pimpinan Budi Karya Sumadi.

Dalam kasus kasus suap di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, KPK juga menetapkan Tonny selaku penerima suap dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan (APK) selaku pemberi suap sebagai tersangka kasus dugaan suap perizinan pekerjaan pengerukan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.

MARKUS