Didit Imbau Warga Hindari Calo Untuk Urusan Surat Penting

0
3

RadarOnline.id, JAKARTA – Hasil pemberitaan RadarOnline.id berjudul “Warga Mengeluh Lurah Penggilingan Sibuk Rapat” akhirnya pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur (Jaktim) mengambil alih untuk menyelesaikan akte lahir yang pernah tertuang di media RadarOnline.id.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 pencatatan kelahiran, sejak ditetapkannya undang-undang ini berubah menjadi berdasarkan atas domisili, sehingga pencatatan dilakukan pada instansi pelaksanan sesuai dengan domisili pelapor.

Pengurusan akte lahir atas nama Muhammad Fadilah Nur Hidayat dan Jelita Rosdiana Putri sudah diselesaikan oleh pihak Disdukcapil penggilingan, langkah tersebut membuat Subur senang. “Saya berterima kepada Pak Didit selaku Kasatlak Dukcapil Penggilingin, beliau telah membantu saya untuk penyelesaian akte lahir kedua anak saya,” kata Subur.

Kasatlak Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Pengggilingan, Didit Junaedi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui bahwa saudara Subur ada urusan pribadi dengan Mulyadi terkait akte lahir dan mereka juga transaksi di rumah Mulyadi pada malam hari, jelasnya.

Namun karena kurang persyaratan sampai empat bulan akte tersebut belum jadi, setelah mengetahui kronologis kejadian. Pihak Disdukcapil membuat surat pernyataan Subur terkait adanya transaksi pribadi untuk kepengurusan akte lahir, ucap Didit dikantornya, Senin (6/11).

Akte lahir anak dari Subur sudah selesai dan sudah dicetak, kejadian ini menjadi pelajaran buat warga. “Datangalah ke PTSP terdekat, jangan memakai calo ataupun orang lain,” pinta Didit.

RANTO MANULLANG