Upacara Pelantikan Penegak Laksana Di SMAN 100 Jakarta

RadarOnline.id, JAKARTA – Upacara pelantikan Penegak Laksana angkatan VI tahun 2017 Gugus Depan 02.191.02.192 dengan nama Ambalan Dasa Cakra Puspa Adiguna yang berpangkalan di SMA Negeri 100 Jakarta, Sabtu (4/11) dilaksanakan dengan melibatkan orang tua siswa berlangsung sangat hikmat.

Pelantikan penegak ini merupakan puncak acara dari kegiatan perkemahan dan diklat Penegak Laksana angkatan ke enam tahun 2017 yang diselenggarakan pada hari Jum’at-Minggu, 20 hingga 22 Oktober 2017 yang merupakan sebuah proses kegiatan adat di Dewan Ambalan Dasa Cakra Puspa Adiguna.

Mereka semua kita ajak untuk pendidikan latihan dalam rangka membentuk karakter kepribadian yang bertanggung jawab sesuai dengan tujuan pendidikan Gerakan Pramuka” kata kak Dwi Lestari MPd selaku Ka Gudep SMA Negeri 100 Jakarta.

Dr. Mukmin Jauhari, MPd selaku Ka Mabagus SMA Negeri 100 Jakarta mengatakan bahwa Dia sangat berterimaksasih sekali kepada semua pihak yang telah membatu terlaksananya kegiatan Pelantikan Laksana angkatan ke VI tahun 2017 ini, terutama kepada para Pembina, dan Pelatih Pramuka SMA Negeri 100 Jakarta.

Terimakasih atas undangannya pada pagi hari ini mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada hari ini menjadi suatu kenangan terutama buat SMA Negeri 100 Jakarta. Kepada orang tua, para peserta yang baru saja dilantik dan kepada kita semuanya. Yang saya hormati Kak Yoga, Kak Ponijan, Kak Tri, Pak Ahmad dan Ibu, Kak Rizal, Kak Dwi, Kak Aris, Kak Dendy, dan lainnya. Kegiatan Pelantikan pada hari ini seperti sudah biasa dilakukan dalam rangkaian kegiatan pramuka di SMA Negeri 100,” kata Mukmin.

Mukmin juga menjelaskan bahwa Ini merupakan pelantikan yang ke VI yang sebelumnya telah dilakukan pelatihan selama dua hari di Cianjur. Kebetulan tempatnya lumayan jauh dari sini tapi Alhamdulilah ada orang tua dari peserta Rafi yakni Pak Ahmad  beserta Ibu bersedia memberikan tempat lokasi kegiatan, hingga seluruh sarana kegiatan. Dan prestasi yang sudah diraih oleh SMA Negeri 100 yakni Gugus tergiat 2016 tingkat DKI Jakarta, dan mudah-mudahan tahun ini juga bisa dipertahankan.

“Meskipun demikian kami mohon maaf karena meskipun preatasi yang sudah kita lakukan masih banyak kekurangan yang kita miliki. Tentunya pengalaman kekurangan itu, yang akan datang saling sinerginya orang tua dengan sekolah Pramuka SMA Negeri 100 bisa mendapat prestasi yang lebih baik.” Ujar Mukmin.

“Baru saja dilantik 13 Penegak Laksana yang akan menegakkan dan akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia. Saya yakin dari ke 13 peserta ini akan menjadi pandega-pandega atau penyelenggara pemerintahan negara yang kompeten dan lebih baik.” Kata Ponijan ka Kwaran Jatinegara.

Kak Aris Haryanto sebagai pelatih dan mentor yang selalu menemani peserta Pramuka dalam berbagai kegiatan di SMA Negeri 100 Jakarta merasa senang dan terharu karena acara upacara pelantikan Penegak Laksana kali ini bisa berjalan dengan sukses dan hikmat. Dia juga berharap semoga kegiatan ini dapat bermamfaat khususnya bagi siswa-siswi SMA Negeri 100 Jakarta, dan Gerakan Pramuka pada umumnya.

EDISON MUNTHE