Penganugerahan Wajib Pajak Bentuk Apreasiasi Pemerintah Kota

0
8

RadarOnline.id, SIANTAR – Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah, SE, MM dalam sambutannya pada malam puncak anugerah wajib pajak terbaik dilaksanakan di Hotel Horison Jalan Medan, Rabu (25/10) malam, mengajak masyarakat wajib pajak untuk terus meningkatkan ketaatannya dalam membayar pajak.

Pajak daerah merupakan salah satu komponen dan sumber pendapatan asli daerah yang menjadi instrumen penting guna membiayai penyelenggaraan pembangunan, karena begitu penting dan strategisnya peran pajak daerah tersebut, Pemerintah kota melalui badan pengelolaan keuangan daerah (BPKD) sebagai instansi pelaksana pemungutan pajak daerah terus berupaya mengoptimalkan penerimaannya baik berupa kegiatan intensifikasi, ektensifikasi, dan modernisasi pengelolaan maupun pemungutannya.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Pematangsuantar, Adiaksa Purba menyebutkan, tujuan dilaksanakannya malam penganugerahan wajib pajak terbaik tahun 2017 adalah sebagai bentuk komitmen dan apresiasi pemerintah kota kepada wajib pajak yang telah memberikan kontribusi dan partisipasinya untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan melalui kewajiban pembayaran pajak daerah di kota Pematangsiantar.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan insentif dan motivasi kepada wajib pajak yang telah taat, jujur dan patuh dalam memenuhi kewajibannya, Kegiatan yang dilaksanakan dalam malam puncak meliputi seleksi kepada wajib pajak oleh tim seleksi pada BPKD untuk mendapatkan wajib pajak terbaik berdasarkan ketaatan kejujuran dan kepatuhan.

Kemudian menetapkan wajib pajak terbaik untuk kategori pembayar pajak besar dengan jumlah pajak terutang diatas Rp 2.500.000, – perbulan dan untuk kategori kecil dengan nilai pajak terutang Rp.250.000.

Selanjutnya, pemberian penghargaan kepada wajib pajak lurah terbaik serta pengundian pemenang kepingan emas diberikan kepada wajib pajak PBB-P2.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada pemenang utama wajib pajak daerah terbaik berupa paket wisata selama 4 hari 3 malam ke lombok untuk kategori pajak besar dan paket wisata ke Yogyakarta untuk kategori pajak kecil masing masing 2 orang.

Selain paket wisata, juga diberikan Handphone, kepingan emas murni dengan berat masing masing 1,2 dan 5 gram yang seluruhnya berjumlah 85 keping. Paket wisata yang sama kepada pemenang utama juga diberikan kepada Camat Siantar Barat sebagai Camat terbaik berdasarkan capaian realisasi tertinggi tahun 2017, Lurah Pahlawan dan lurah Proklamasi yang masuk kategori lurah dengan capaian realisasi tertinggi dan peningkatan realisasi pajak.

Serta voucher menginap selama 2 hari satu malam kepada petugas kelurahan dengan kegigihan terbaik dalam realisasi penerimaan PBB -P2 tahun 2017. (John Sihombing)