Kades Tak Boleh Pegang Dana Desa

RadarOnline.id,BONDOWOSO – Ketua tim pengawal dan pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4), Hadi Marsudiono SH mengatakan Kepala Desa tidak boleh memegang anggaran Dana Desa. Anggaran yang didapatkan harus masuk ke rekening Desa.

Kepala Desa hanya sebagai kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Namun, pengelolaan keuangan itu harus disimpan di Rekening Desa. Dari Bendahara Desa, uang itu diberikan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Kades harus bisa mengontrol dan memonitor, sejauh mana pekerjaan itu dilakukan. Apakah sudah sesuai dengan Rancangan Penggunaan Anggaran (RAB) atau belum,” kata Hadi diruangannya, Kamis (12/10).

Hadi mengutarakan penggunaan Dana Desa sudah sering disampaikan dalam sosialisasi TP4. sosialisasi itu, bertujuan untuk mengamankan penggunaan Dana Desa. Sosialisasi, dimulai sejak tanggal 25 September sampai dengan tanggal 23 Oktober bulan ini.

Transparasi penggunaan anggaran Dana Desa harus diterapkan kata Hadi. Jika ditemukan pengunaan anggaran yang tidak sesuai, masyarakat sebagai penerima manfaat terlebih dahulu segera mengkomunikasikan kepada Badan Permusyawarat Desa (BPD) maupun TPK. Sebelum masuk keranah laporan penegak hukum.

Kades harus bisa meluruskan pekerjaan TPK itu. untuk bisa diperbaiki sesuai dengan RAB-nya,” ujar Hadi.

Pengawalan penggunaan anggaran Dana Desa, sebagai upaya menimalisir potensi korupsi menurut hadi. Saat ini, masih banyak Kepala Desa menyalahgunakan anggaran, yang pada akhirnya Kepala Desa berurusan dengan penegak hukum. (Shodiq)