Supian : November Sudah Sekda Definitif

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri membenarkan, bahwa sebanyak 13 calon Sekretaris Daerah (Sekda) Depok menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok.

“Jadi, dari ke-13 nama tersebut, akan dipilih satu nama untuk ditetapkan menjadi Sekda Kota Depok pada awal November 2017 mendatang,” ujarnya,
Selasa (3/10/), di RSUD Depok.

Dia menjelaskan, bahwa dari ke-13 calon Sekda tersebut antara lain Kepala Dinas Perhubungan Gandara Budiana, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Yayan Arianto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Diah Sadiah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Etty Suryahati, Sekretaris Dewan Zamrowi Hasan, Asisten Hukum dan Sosial Sri Utomo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Misbahul Munir, Asisten Administrasi Widyati Riyandani, Kepala Dinas Pendidikan Mohammad Thamrin, Kepala Bapplitbangda Hardiono, Inspektur pada Inspektorat Novarita, Staf Ahli Bidang Sosial dan Hukum Mulyamto, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Farah Mulyati.

“Artinya, dari ke-13 calon Sekda tersebut sudah memenuhi syarat kriteria yang ditetapkan, seperti harus dua kali di masa jabatan tinggi pratama, 2 unit kerja yang dilalui, sudah mengikuti Diklatpim Eselon II, golongan 3C, maksimal usia 58 tahun, dan mereka juga sudah mendapat rekomendasi dari Komisi ASN,” jelas Supian.

Menurutnya, bahwa setelah pemeriksaan MCU, tahapan selanjutnya yang harus diikuti peserta adalah tes penulisan makalah dan presentasi pada tanggal 9 Oktober yang akan datang. Kemudian peserta harus presentasikan hasil penulisan makalahnya di depan Panitia Seleksi (Pansel) pada tanggal 10 Oktober.

“Tema yang diberikan akan kami umumkan hari itu juga, dan peserta tidak akan mendapat akses internet. Jadi benar-benar yang ditulis merupakan hasil pemikiran asli peserta,” tutur Supian.

Supian menambahkan, selain penulisan makalah dan presentasi, Pansel juga akan melakukan rapat untuk menentukan 3 calon nama Sekda yang akan diserahkan pada Wali Kota Depok. Lalu dengan kewenangannya Wali Kota Depok akan memilih Sekda berdasarkan persetujuan Gubernur Jawa Barat.

“Artinya, yang menjadi target kami pertengahan Oktober seluruh tahapan seleksi sudah selesai, sehingga awal November diharapkan sudah ada nama Sekda Kota Depok yang definitif,” ujarnya. (Maulana Said)