TNI Bantu Bulog Penuhi Serapan Gabah

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Bondowoso, Adhekan dibantu Dandim 0882 Letkol Inf Tarmuji SAg mendatangi Desa Bukor Kecamatan Wringin dalam rangka Serapan Gabah (Sergab). Hal itu untuk memenuhi ketahanan pangan Pemerintah.

Dandim mengatakan kerjasama dengan Bulog merupakan implementasi kerjasama tingkat Pusat antara pihak Bulog dan TNI. Ia menerangkan, mitra yang dilakukan bertujuan untuk meningkat serapan gabah secara maksimal.

Bukan hanya dengan Bulog, TNI juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk perluasan tanam. TNI, dilibatkan untuk medampingi petani. Saat ini, kita mendampingi Bulog untuk memenuhi serapan Gabah,” kata Dandim dikediaman Sujoto saat mendampingi Bulog, Selasa (19/9).

Dandim menjelaskan kerjasama pihak TNI dengan Bulog, bukan hanya untuk memenuhi serapan Gabah. langkah itu, sebagai upaya mengatasi permainan tengkulak yang saat ini telah meresahkan para petani. Ia menerangkan, jika hal itu terus dilakukan, para petani akan mendapatkan haknya secara maksimal dan tidak lagi dibodohi oleh tengkulak.

Semua Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas, diintruksikan oleh dandim untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Semua Babinsa kami libatkan untuk memberikan sosialisasi,” ujarnya.

Menurut Adhekan, TNI bersama Bulog sudah melakukan MOU dalam rangka serapan gabah petani. TNI bersama Bulog, akan langsung turun kelokasai jika musim panen sudah berlangsung.

Kita sudah melakukan MOU dengan TNI. Kami selalu siaga dengan TNI, jika musim panen telah tiba,” terang Adhekan.

Ketentuan harga saat ini belum ada perubahan, kata Adhekan. Harga gabah masih berkisar tiga ribu tujuh ratus perkilogram. Dalam pembelian gabah, pihak Bulog membayar tunai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. (Shodiq)

NO COMMENTS