Pradi: Pemkot Depok Tekan Angka Pengangguran

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) terus mendorong peningkatan mutu dan akses pelatihan kerja.

Diharapkan, masyarakat Indonesia yang kompetensinya masih rendah ataupun tidak memiliki ijazah, dapat mengembangkan skill sekaligus memperoleh sertifikasi profesi.

Maka, Pemerintah Kota Depok pun melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Depok menggelar bursa kerja. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Kota Depok menekan atau memprekecil jumlah angka pengangguran. Jadi, upaya untuk menekan angka penggangguran di usia produktif dan terlebih selesainya pengumuman kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat khususnya di Kota Depok,” terang Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna di Depok.

Dia menjelaskan, bahwa menurut data ada sekitar 2.683 lowoangan pekerjaan dari 30 perusahaan nasional maupun lokal yang membuka kesempatan bekerja bagi mereka yang sampai saat ini belum memperoleh pekerjaan.

“Artinya, kendati dari jumlah total yang tersedia tidak begitu terlalu banyak tentunya diharapkan dapat mengunragi angka penggangguran di Kota Depok,” jelas Pradi.

Ditempat yang sama Diah Sadiah, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok membenarkan, bahwa selain membuka kesempatan atau lowongan bekerja bagi warga Kota Depok tapi jajaranya juga membuka pelayanan pembuatan kartu kuning di lokasi tersebut bagi mereka yang belum memiliki kartu kuning dengan melengkpai berbagai persyaratan.

“Jadi ketika proses pembuatan kartu kuning tidak dipungut biaya apapun atau gratis, namun harus melengkapi persyaratan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah terakhir, dan 2 pas foto,” imbuhnya.

Diah menambahkan, bahwa untuk persyaratan melamar pekerjaan di bursa kerja tersebut tentunya harus membawa CV lengkap, surat lamaran, foto copy ijazah terakhir, fotocopy KTP, dua pas photo ukuran 4×6.

“Jadi, selain itu juga bagi pelamar yang baru lulus hanya lampirkan fotocopy Surat Keterangan Kelulusan,” ujarnya. (Maulana Said)

NO COMMENTS