Anggaran Kontes Sapi IB di Bondowoso Terminim

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Cendy Hendriawan mengakui anggaran kontes sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) yang diselenggaran kemarin, memiliki anggaran terminim jika dibandingkan dengan Kabupaten lainnya, seperti di Kabupaten Situbondo.

Menurut Cendy, hal tersebut pernah disampaikan kepada Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada saat pembahasan anggaran dilakukan.

Kami sudah menyampaikan hal ini kepada komisi. Wacananya, tahun depan siap mensuport anggaran ditahun depan,” kata Cendy dikantornya, Jumat (8/9).

Cendy menerangkan, Anggaran keseluruhan pelaksanaan kontes di alun-alun Ki bagus asra kemarin berkisar 400 Juta. angka itu, jauh jika dibandingkan dengan Kabupaten Situbondo yang menyiapkan anggaran sekitar Rp 800 juta.

Hadiah berupa uang pembinaan kepada peserta juga terlalu minim kata cendy. kemarin, hadiah uang pembinaan kategori kereman hanya sebesar 5 juta. jauh jika dibandingkan Kabupaten situbondo yang menyiapkan hadiah sebesar 8 juta pada kategori itu. Bondowoso, merupakan Kabupaten yang menyiapkan anggaran terminim sekaresidenan Besuki kata cendy.

Cendy menjelaskan, kontes belum tentu bisa dilaksanakan tanpa kerjasama dengan Instansi vertikal. Seperti Bank Jatim yang mendukung kegiatan. Meskipun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan seperti sarana dan prasarana yang perlu banyak perbaikan. melihat prestasi, Bondowoso pernah menjuarai tingkat Propinsi dan tingakat Nasional kata cendy.

Untuk tempat selanjutnya Cendy masih belum bisa menentukan. Rencana Pemerintah Daerah saat ini, menjadikan Alun-Alun sebagai Hutan Kota.

“Kami masih berharap untuk kontes selanjutnya diadakan di Alun-Alun. Karena ini berkaitan dengan sejarah. Kontes besar pernah dilaksanakan di Alun-Alun pada tahun 2000. Saat itu, yang mengadakan TNI Angkatan Laut. Selain itu, masyarakat lebih mudah mendatangi Alun-Alun,” ujar Cendy.

Kendala kehadiran peserta, kontes dilaksanakan setelah idul adha berlangsung menurut cendy. padahal, sebelum hari kurban berlangsung, pendaftar kontes mencapai 192. Namun, jumlah menurun drastis setelah kontes dilakukan. Pemicunya, para peserta telah menjual sapi IB pada saat hari kurban berlangsung. (Shodiq)