Prancis Ditahan Luksemburg, Belgia Lolos ke PD 2018

Radaronline.id, JAKARTA – Dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia (PD) 2018, Tim nasional Prancis gagal memetik kemenangan saat menghadapi Luksemburg. Les Bleus hanya bermain imbang 0-0 hingga laga tuntas.

Laga antara Prancis melawan Luksemburg itu berlangsung di Stade Municipal, Toulouse, Senin (4/9/2017) dini hari WIB. Prancis tampil amat dominan dalam data yang dilansir situs resmi UEFA dengan torehan 74 persen penguasaan bola.

Ada 32 kali percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Didier Deschamps itu. Rinciannya, delapan kali menemui bidang, 11 kali melenceng, dan sisanya diblok barisan pertahanan tim tamu.

Dengan tambahan satu angka ini, Prancis masih ada di posisi pertama Grup A dengan raihan 17 poin. Mereka unggul satu angka dari Swedia di posisi kedua klasemen. Sementara itu, Luksemburg ada di peringkat kelima dengan raihan lima angka. Mereka sudah tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia 2018.

Belgia Lolos

Sementara itu Belgia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapat setelah mereka menundukkan Yunani dengan skor 2-1.

Kemenangan Belgia atas Yunani di Karaiskaki Stadium, Piraeus, Senin (4/9/2017) dinihari WIB, ditentukan lewat gol-gol Jan Vertonghen pada menit ke-70 dan Romelu Lukaku pada menit ke-74. Sementara gol Yunani tercatat atas nama Zeca pada menit ke-73.

Berkat kemenangan tersebut, Belgia mengumpulkan 22 poin dari delapan laga dan kini memuncaki klasemen Grup H. Tim asuhan Roberto Martinez itu unggul delapan poin atas Bosnia-Herzegovina yang berada di posisi kedua. Dengan dua laga tersisa, mereka tak akan terkejar lagi.

Belgia menjadi tim Eropa kedua yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia. Dengan kata lain, Belgia-lah tim Eropa pertama yang lolos dari babak kualifikasi. (Dt/Rbp)