Kadin Depok Pasilitasi UMKM Tempati Mall Detos

0
6

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Depok, membenarkan, bahwa melalui program yang digagas Kadin Kota Depok bersama Mall Detos, sejumlah 200 Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok, ditempatkan di dalam kios yang dilengkapi pendingin udara dan pintu kios yang tertutup baik sehingga tidak perlu pakai terpal lagi. Jadi sementara ini, sebanyak 130 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok awal September 2017 sudah mulai menempati kios yang disiapkan Kadin Kota Depok di lantai 1 Mall Depok Town Square (Detos) Jalan Raya Margonda Kota Depok, Jawa Barat.

“Benar, jadi sebanyak 130 UMKM secara bertahap sudah menmpati kios diawal September, ini adalah bagian dari program pengadaan 200 kios pada tahap awal. Sebab peminatnya sangat besar sambil kita saring yang Benar-benar UMKM Kota Depok,” ujar Desfandri yang merangkap Ketua tim pelaksana Kios UMKM kemarin, dilokasi.

Dia menjelaskan, bahwa pengadaan kios buat UMKM itu adalah bagian dari upaya Kadin Kota Depok mengangkat supaya UMKM naik kelas. Sebab, yang selama ini ketika UMKM berjualan di Mall ditempatkan di halaman yang kosong kemudian dipasang tenda agar tidak kehujanan.

“Jadi itu juga, kalaupun ada yang ditarik masuk ke dalam mall, ditempatkan di selasar mall. Kalau malama barang barang ditutup pakai terpal kemudian diikat supaya tidak hilang. Besok pagi mau jualan, terpalnya dibuka lagi,” jelas Desfandri.

Ditempat yang sama, Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar menerangkan, bahwa Kadin sebenarnya ingin menyiapkan 1000 kios untuk para UMKM. Namun, pelaksanaanya dilakukan secara bertahap. “Artinya, pihak Kadin Kota Depok ingin mebantu pemerintah mengurangi pengangguran. Jadi bilamana satu kios nanti bisa menampung 27 karyawan berarti 2000 lapangan kerja tersedia,” terang Miftah.

Pernyataan Miftah juga diamini oleh anggota Dewan Pertimbangan Kadin Kota Depok, Jack Tobing, bahkan dia berpesan kepada seluruh para UMKM agar tidak cepat lemas dalam berusaha karena pasti ada pasang surutnya. “Namun rezeki itu datang dari atas dari Allah Swt, jadi jangan cepat putus asa, ” ucapnya. (Maulana Said)