Anggaran Pilkades Seretak 600 Juta

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bondowoso, Jawa Timur, Abdurrahman mengutarakan, Anggaran yang dipersiapkan Pemerintah Daerah Rp 600 juta keseluruhan. Anggaran itu, dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama Rp 400 juta untuk bantuan kepada 20 Desa untuk pelaksanaan. Sedangkan 200 juta untuk tim kabupaten dan pengamanan pada pelaksanaan Pilkades. Anggaran itu, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain anggaran itu, Desa juga menganggarkan dari APBDes,” kata Abdurahmad dikantor PMD, Senin (28/8).

Pelaksanaan Pilkades serentak direncanakan pada tanggal 29 Nopember. Kata Abdurahman, dari 20 Desa diantaranya meliputi, Desa Cindogo Kecamatan Tapen, Desa Mangli Kecamatan Pujer dan Desa Pocogati.

Anggaran APBD yang dikucurkan ke Desa tidak merata. Namun, melihat dari jumlah hak pilih yang ada di Desa itu. Saat ini, beberapa sudah mulai membentuk Panitia pelaksanaan Pilkades.

Abdurahman juga menjelaskan perbedaan Pilkades serentak dengan Pilkades keterwakilan. Pilkades Serentak dilaksanakan pada saat masa jabatan kades sudah berakhir. Sedangkan, Pilkades Musdes adalah meneruskan masa jabatan kades, jika yang bersangkutan tidak bisa melanjutkan Jabatan seperti meninggal dunia.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan Pilkades Musdes menurut Abdurahman. Selain itu, pemilih adalah keterwakilan yang sudah ditunjuk sesuai dengan Peraturan Bupati. Seperti, Lembaga Masyarakat, perwakilan perempuan, kelompok tani dan perwakilan RT. (Shodiq)

NO COMMENTS