Persaingan MotoGP 2017 Semakin Sengit

SEPANG,MALAYSIA,25.OCT.14 - MOTORSPORTS, MOTORBIKE - MotoGP, Grand Prix of Malaysia, Sepang International Circuit. Image shows Marc Marquez (ESP/ Honda). Photo: GEPA pictures/ Gold and Goose/ Gareth Harford - For editorial use only. Image is free of charge.

RadarOnline.id, JAKARTA – Setelah jeda paruh musim, MotoGP 2017 akan kembali bergulir akhir pekan ini di Brno Republik Ceko. Untuk saat ini, sembilan balapan tersisa, dengan lima rider sedang bersaing sengit di papan atas dalam perebutan mahkota juara dunia MotoGP.

Seperti diketahui, paruh pertama MotoGP 2017 sudah berlangsung sangat sengit dengan lima rider teratas cuma terpaut 26 poin saja ; Marc Marquez (Repsol Honda), Maverick Vinales (Movistar Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), Valentino Rossi (Movistar Yamaha), dan Dani Pedrosa (Repsol Honda). Rider empat besar di sini bahkan cuma berjarak 10 angka.

Bukan hanya itu, sembilan balapan di paruh pertama musim ini juga telah menghadirkan empat rider berbeda yang memimpin klasemen, lima rider pemenang, dan 10 rider berbeda di podium. Sengitnya persaingan itu akan lanjut pada akhir pecan ini.

Sementara Marquez adalah juara bertahan yang juga sedang bertengger di puncak klasemen, untuk kali pertama musim ini, berkat kemenangannya di Sachsenring tepat sebelum jeda musim. Ia meraih kemenangan di Brno pada musim debut di MotoGP pada tahun 2013 dan sejak itu tak pernah finis di luar empat besar (termasuk dua podium) di sirkuit tersebut.

Pedrosa, rekan setimnya sekaligus rider di peringkat kelimat, musim lalu harus puas finis di posisi ke-12 di Brno. Tapi sebelum itu ia punya hasil cukup oke pada kelas primer di sana, termasuk dua kemenangan.

Vinales yang membayangi Marquez dengan selisih lima poin, memang belum pernah menang di Brno finis terbaiknya adalah posisi kedua di kelas Moto3 pada 2013. Namun, performanya di atas YZR-M1 musim ini membuat Vinales bisa saja menghadirkan pencapaian baru di akhir pekan. Musim ini ia pun sudah mengoleksi tiga podium teratas.

Dovizioso yang menempati posisi ketiga, di antaranya lewat dua kemenangan, pun siap menggebrak. Performa apiknya musim ini bakal membuat Dovizioso kian terpacu untuk menajamkan hasil terbaikya di sana — finis kedua pada MotoGP 2011.

Dan jangan melupakan nama Rossi, si veteran yang masih terus memburu titel ke-10 di kejuaraan dunia grand prix. Brno merupakan sirkuit pertama tempat Rossi meraih kemenangan di balapan grand prix (125cc pada 1996) dan musim lalu ia menjadi runner-up di sana.

Lantas siapa yang akan keluar jadi pemenang diakhir pekan ini. Apakah Marquez mampu mempebesar jarak dengan peringkat kedua ? Layak kita saksikan (Krs/Rin/Rbp)

NO COMMENTS