5 Bahan Alami Atasi Rambut Uban

0
9

RadarOnline.id, JAKARTA – Tahukan Anda? Uban adalah rambut putih yang muncul menghiasi rambut dan biasanya menjadi pertanda bahwa usia sudah tidak lagi muda. Namun, karena aktivitas padat dan stres, kini uban bisa muncul lebih dini hingga menyebabkan rasa kurang percaya diri. Meski demikian, Uban biasanya muncul pada rentang usia melewati 40 tahun.

Dilansir dari situs Allwomenstalk, Selasa (1/8) mengungkapkan bahwa, sebelum Anda memutuskan untuk mengecat rambut, ada baiknya Anda melakukan beberapa cara mencegah munculnya uban dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur, diantaranya:

1. Minyak Kelapa
Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang beruban serta merawat kulit kepala dan rambut bayi terbukti efektif. Minyak kelapa diketahui mengandung antioksidan yang berfungsi membantu rambut tumbuh dengan sehat dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Selain itu, minyak kelapa yang diminum juga dapat melancarkan peredaran darah yang secara langsung dapat mempengaruhi kondisi rambut dan menjaga warna alami rambut Anda.

2. Kopi
Nama kopi berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang mempunyai arti kekuatan. Kopi diketahui berfungsi sebagai pewarna rambut alami. Caranya, Anda dapat mengaplikasikannya pada rambut beruban secara rutin untuk mencegah datangnya uban yang merupakan salah satu tanda penuaan pada rambut ini.

3. Teh Hitam
Teh hitam merupakan pewarna rambut alami karena mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin B12, serta katekin yang bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga dapat membuat pertumbuhan rambut lebih sehat, kuat serta tak mudah rontok. Caranya, rutinlah mengonsumsi teh hitam dapat membantu tubuh memproduksi melanin lebih banyak sehingga uban tidak mudah muncul.

4. Jahe
Jahe (Zingiber Officinale) berfungsi menghangatkan badan saat demam atau kedinginan, jahe juga memiliki manfaat sebagai pewarna rambut alami khususnya menghindari kebotakan, rambut rapuh dan rusak. Caranya, konsumsi jahe yang dihaluskan sebanyak satu sendok teh dan campurkan dengan madu secukupnya. Hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah tumbuhnya uban.

5. Daun Inai (Henna)
Manfaat daun inai yang terakhir adalah mengatasi rambut berketombe secara alami dan aman. Ketombe adalah masalah rambut akibat penumpukan sel kulit yang kotor. Inai diketahui menberikan zat antioksida dapat mencegah tumbuhnya uban bahkan membantu dan melembabkan rambut secara alami. (Yenny)