6 Makanan Yang Ampuh Atasi Mual

RadarOnline.id, JAKARTA – Tahukan Anda apa itu mual? Mual adalah perasaaan pusing dan tidak nyaman dibagian perut yang datang sebelum memuntahkan isi perut. Kondisi ini bukanlah penyakit, namun biasanya merupakan gejala medis. Biasanya, sensasi mual muncul jika masalah datang dari otak atau organ saluran pencernaan, seperti eksofagus, perut, usus kecil, hati, pankreas, dan kantung empedu yang dipicu oleh zat tertentu, seperti alkohol atau aktivitas tertentu.

Ada beberapa faktor berbeda yang menyebabkan rasa mual. Biasanya dirasakan entah karena gugup atau gangguan pencernaan hingga enggan mengonsumsi makanan apapun. Akibatnya, perutmu jadi kosong dan mual. Untuk mengatasi rasa mual tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti yang dilansir dari boldsky.com. Diantaranya:

Pisang
Makan pisang sangat membantu untuk mengatasi mual. Pisang juga mengandung kalium dan tinggi air yang bisa bermanfaat untuk menyembuhkan dehidrasi, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes dan menyehatkan tulang.

Jeruk
Jeruk buah yang kaya akan vitamin C ini sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia lantaran memiliki efek yang menyegarkan ketika kamu sedang merasa mual. Minumlah air perasan jeruk ketika rasa mual menyerang.

Apel
Buah Apel sangat membantu menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan ampuh untuk diet. Makan apel akan membantu tubuh untuk mengeluarkan bahan kimia yang menyebabkan mual karena mengandung serat yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan mu. Jika tidak ada apel segar, kamu juga bisa meminum cuka apel yang dicampur dengan segelas air.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan bahan makanan alternative yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dengan rutin. Selain mengenyangkan, kacang juga jenis bijian yang rendah kalori, ampuh untuk mengurangi rasa mual. Makan kacang juga akan memberikan energi lantaran mengandung sumber protein, kaya akan kalsium, sumber vitamin B, menyehatkan jantung dan mencegah stroke.

Jahe
Jahe atau dalam bahasa latin Zingiber Officinale merupakan tanaman herba yang kerap dipercaya masyarakat dapat mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker. Kamu hanya perlu ngemil seruas jahe untuk menyembuhkan mual. Makan jahe secara teratur bermanfaat untuk menghindari iritasi di bagian perut.

Cokelat
Zat flavanol dalam kokoa (kandungan utama coklat) memiliki efek antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel yang mempengaruhi risiko kesehatan jantung. Cokelat, terutama cokelat pahit sangat membantu untuk mengatasi mual secara berlebihan.

Boldsky.com juga melansir selain 6 makanan di atas, mengkonsumsi air mineral (putih) atau teh hijau juga bisa membantu mengurangi mual mu. Selamat mencoba. (Yenny)

NO COMMENTS