Bupati Simalungun Sambut Peserta Lemhanas

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bersama Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dan Forkopimda menerima dan menyambut baik kunjungan peserta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Hotel Niagara Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Rabu (19/7) malam.

Ketua Tim Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Marsekal TNI Baskoro mengatakan bahwa kehadiran pihaknya di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara adalah untuk studi strategis dalam negeri (SSDN), yakni salah satu program study yang harus dijalani oleh peserta.

Dimana nanti peserta akan menggali dan berkoordinasi tentang kondisi sumatera utara termasuk didalamnya Kabupaten Simalungun dan juga mendalami budaya batak yang ada di Samosir,” kata Baskoro.

Baskoro juga menjelaskan bahwa kehadirannya rombongan Lemhanas di Kabupaten Simalungun bersama tiga tenaga ahli, peserta sebanyak 23 orang dan 5 perwira berpangkat kolonel, lalu 2 orang Angkatan Udara berpangkat Kolonel, serta Kepolisian 5 Kombes dan satu polwan kemudian Kementerian Lembaga, Parpol ada 5 orang serta bekerjasama dengan negara bersahabat yakni Pakistan, Srilangka, serta tiga personil pendukung.

“Kita juga akan berangkat ke Toba untuk mendalami budaya Batak yang nantinya menjadi bahan laporan untuk seminar yang akan dipaparkan kepada Presiden dengan tema dinamika sosial budaya.

Selama kunjungan di Sumatera Utara maka akan melihat potensi Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun,” Ujar Baskoro.

Sementara itu, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Lemhanas di Parapat, Kabupaten Simalungun sehingga bisa membawa cerita keindahan Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi prioritas utama yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi.

“Kami sebagai Pemerintahan Kabupaten Simalungun menyambut baik hal ini, sehingga Lemhanas maupun siswa Lemhanas tidak pernah melupakan Kabupaten Simalungun dan di mana pun ditempatkan untuk selalu ingat Simalungun dan terima kasih juga kepada Presiden Jokowi yang selalu ingat Danau Toba sehingga bisa memasarkan Danau Toba agar wisatawan terus bertambah untuk melihat keindahan Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun,” ungkap JR Saragih.

Dikatakan, melalui Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun bukan hanya juga bisa menjadi destinasi berlibur melainkan sebagai tempat merenung maupun menimbulkan spirit dan semangat. “Melalui pertemuan ini maka bisa mendapatkan berkah dan pendidikan untuk menjadi orang yang sukses dan kita selalu berdoa buat kesuksesan Lemhanas,” urainya.

Kemudian, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga menuturkan Danau Toba yang meliputi 7 kabupaten salah satunya berada di Simalungun yang mempunyai pinggirannya paling luas 53 kilometer. “Danau Toba terus ditingkatkan oleh pusat dan selalu koordinasi demi mempercepat Badan Otorita Danau Toba, otomatis dengan kehadiran Lemhanas ini bisa disampaikan kalau Danau Toba ini sangat bagus sehingga memiliki semangat kebersamaan dan melalui semangat baru bisa dikembangkan di tahun ini dan mendatang,” tukasnya.

Danau Toba menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden Jokowi oleh karenanya membuat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) ingin mempelajari Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun. (John Sihombing)