Jeruk Purut Tanaman Pembawa Sejuta Manfaat

RadarOnline.id, JAKARTA – Di dunia Boga Asia Tenggara penggunaan jeruk purut ini cukup sering. Sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual. Daunnya juga banyak dipakai dalam urusan boga. Potongan daunnya dipakai untuk campuran bumbu pecel atau gado-gado dengan fungsi untuk mengharumkan bumbunya. Rajangan daun jeruk purut juga dipakai untuk pembuatan rempeyek, yang dicampurkan pada adonan tepungnya, kemudian digoreng.

Di Thailand, daun jeruk purut sangat populer dalam masakan. Tom yam dan tom khaa, masakan populer, menggunakan jeruk purut. Menu dari Kamboja,
Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, bahkan Sulawesi pun menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan.

Memang tidak mudah mencari pengganti daun maupun buah jeruk purut sebagai bumbu masak. Agar awet, daun jeruk bisa dikeringkan, namun hanya bertahan kurang dari satu tahun. Kalau mau lebih awet lagi ya dibekukan, taruh daun jeruk dalam wadah kedap udara, lalu simpan dalam freezer.

Tidak jarang pula tanaman ini digunakan sebagai kosmetik. Beberapa wewangian memakai minyak jeruk purut yang diperoleh dari daun atau kulit buahnya.

Buahnya mengandung setidaknya 21 macam kumarin. Daging buahnya mengandung tanin, steroid triterpenoid, minyak atsiri yang mengandung sitrat, saponin, polifenol, minyak atsiri sitronellal, flavonoid, dll. Daunnya mengandung tokoferol, flavonoid cyanidin, myricetin, peonidin, quercetin, leutolin, dll. Minyak atsiri dalam jeruk purut efektif untuk penolak nyamuk Aedes aegypti.

Buahnya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti influenza, badan lelah, rambut kepala berbau (untuk mewangikan kulit), kulit bersisik dan mengelupas. Sementara daunnya bisa untuk mengatasi badan letih dan lemah sehabis sakit berat.

Untuk mengobati influenza, potong dan peras satu buah jeruk purut yang masak dan banyak airnya. Seduh air perasan tersebut dengan 60 ml air panas. Lalu, minumlah sekaligus selagi hangat. Untuk mengobati kulit bersisik dan mengelupas, belahlah si jeruk keriput ini menjadi dua bagian. Lalu gosokkan pada kulit yang bersisik, kering, dan mudah mengelupas, pada kulit kepala, yang kita kenal sebagai ketombe, atau bagian lainnya. Lakukan ini satu kali sehari, pada malam hari sebelum tidur.

Untuk mewangikan rambut gunakan satu buah jeruk purut yang masak. Cucilah hingga bersih, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan air bersih, remas, dan saringlah. Gunakan airnya untuk menggosok rambut setelah keramas.

Jeruk purut juga membuat gigi dan gusi jadi bersih dan menurunkan risiko gingivitis atau radang gusi. Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa jeruk purut dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk meredakan kecemasan dan depresi. (Yenny)

Sumber: PressReader.com