PT KAI Tertibkan 70 Kios di Stasiun Tugu

RadarOnline.id, YOGYAKARTA – PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta dijadwalkan akan menertibkan 70 kios di Jalan Pasar Kembang atau tepatnya di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Penertiban akan segera dilakukan untuk pembangunan pedestrian guna memberikan fasilitas yang lebih baik kepada pejalan kaki.

Rencananya, penertiban akan kami lakukan Rabu (5/7) pagi,” kata Eko Budiyanto selaku Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Eko menjelaskan kios yang akan ditertibkan itu menempati lahan di bawah pengelolaan PT KAI dan didirikan tanpa izin dari PT KAI maupun Keraton Yogyakarta karena tanah tersebut berstatus Sultan Ground.

“Penertiban dan pembangunan pedestrian di selatan Stasiun Tugu bukan ditujukan untuk kepentingan PT KAI semata, tetapi didasarkan pada kepentingan masyarakat yang lebih luas. Dimana, Pedestrian yang nantinya dibangun diyakini akan memudahkan akses masyarakat untuk berkunjung ke Malioboro sekaligus mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Pasar Kembang,” ungkap Eko.

Dengan demikian, lanjut Eko, harapannya akan penertiban ini kondisi di sepanjang Jalan Pasar Kembang tidak lagi macet dan terlihat tidak rapi seperti sekarang.

Dalam hal ini, PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta memiliki hak untuk menertibkan lahan tersebut karena menjadi pihak yang memperoleh izin penggunaan lahan milik Keraton Yogyakarta berdasarkan surat dari KHP Wahonosartokriyo Nomor 156/W&K/XIV/2015 tertanggal 16 Desember 2015.

Oleh sebab itu, Eko mengklaim rencana PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta tersebut mendapatkan dukungan dari sejumlah elemen masyarakat yang menginginkan agar fungsi trotoar yang berada di sisi selatan Stasiun Tugu dapat dikembalikan secara penuh.   (Syarif)